Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Thursday, August 28, 2014

Keindahan Panorama Dan Kekayaan Hayati Objek Wisata Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Sumatera

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Pulau Sumatera adalah salah satu dari pulau-pulau terbesar di dunia dan merupakan hutan yang kaya akan keanekaragaman hayatinya. Bukit Barisan Selatan, yang secara administratif terletak di Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu di bagian selatan Sumatera, merupakan salah satu dari hutan-hutan ini. Dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa beragam, taman nasional ini telah dinyatakan sebagai Cluster Mountainous Tropical Rainforest Herritage Site of Sumatra bersama dengan Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Gunung Leuser.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) atau (Selatan Taman Nasional Bukit Barisan) mencakup lebih dari tiga provinsi Sumatera. Mereka adalah:  Lampung, Sumatera Selatan dan  Bengkulu . Seiring dengan  Gunung Leuser  dan Kerinci Seblat.Tujuan utama dari taman nasional adalah untuk melindungi keberadaan hutan hujan tropis Sumatera bersama dengan semua keanekaragaman hayati mereka. Gajah Sumatera, harimau Sumatera dan Sumatra Badak adalah di antara beberapa satwa langka dan eksotis yang ditemukan di daerah tersebut.

Taman nasional ini adalah satu dari beberapa areal hutan yang penting untuk konservasi harimau di Asia Tenggara dan rumah dari setengah populasi badak sumatera dan seperempat populasi gajah sehingga tempat ini menjadi wilayah konservasi yang penting di dunia. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan terbentang seluas 356.800 hektar dan termasuk dalam daerah administrasi Provinsi Lampung dan Bengkulu.

Banyak spesies-spesies lain yang dapat ditemui di Taman ini, dan beberapa merupakan merupakan spesies endemik Sumatera. Wilayah taman nasional ini merupakan wilayah penting untuk beberapa spesies tanaman langka seperti Rafflesia spp. dan bunga raksasa amorphophallus spp. Taman ini juga berjasa sebagai daerah tangkapan air dan penyimpan air bagi pemukiman dan lahan pertanian di sedikitnya 4 kabupaten di 2 provinsi tersebut.


Berawal dari sebuah Wildlife Sanctuary pada tahun 1935, daerah ini menjadi Taman Nasional pada tahun 1982. Awalnya, Bukit Barisan Selatan Taman tertutup total luas 356.800 hektar, tetapi pengukuran terakhir menggunakan GIS tercatat luas areal terbaru sebenarnya 324.000 hektar. Taman ini terletak di ujung southwestly Sumatera. Tujuh puluh persen dari taman terletak dalam wilayah administrasi Lampung Barat dan Tanggamus di Provinsi Lampung, sementara 74.822 hektar (sekitar 23%) terletak dalam batas-batas kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu .  Sementara sisa taman terletak dalam provinsi Sumatera Selatan.

Taman Bukit Barisan Selatan juga termasuk dalam  200 Ecoregions global , peringkat WWF yang paling biologis beredar terestrial air tawar bumi, dan habitat laut. Taman ini juga disorot sebagai daerah prioritas untuk konservasi badak Sumatera melalui Asian Rhino WWF dan Gajah Action Strategy (WILAYAH). Selain itu, IUCN, WCS dan WWF telah mengidentifikasi Bukit Barisan Selatan sebagai Satuan Konservasi Harimau Saya , kawasan hutan yang paling penting untuk konservasi harimau di dunia. Fauna endemik lain yang juga mendiami daerah tersebut adalah: madu beruang, tapir, ungko, siamang, simpai, kancil, dan penyu skala.

Selain fauna nya, taman juga menyajikan kemegahan dalam daun dan bunga. Raksasa eksotis Carrion Bunga atau Titan Arum dan Carrion Tinggi Bunga adalah salah satu bunga terbesar yang ada di bumi. Ketinggian  Amorphophallus déçus-silvae  telah tercatat mencapai lebih dari 2 meter. Bunga Rafflesia juga ditemukan di daerah tertentu dari taman. Bunga Rafflesia terkenal karena memproduksi bunga individu terbesar di bumi, sedangkan Arum Titan dan Talipolt Palm secara teknis cluster bunga banyak. Taman nasional adalah juga rumah dari anggrek terbesar diketahui planet ini, secara lokal populer sebagai  Anggrek .Flora yang lain dalam Taman Bukit Barisan Selatan meliputi: Pidada, nipah, Sea Pines, pkamun, cempaka, meranti, mersawa, ramin, Keruing, damar, dan rotan.

Selagi kita berada dalam Taman Bukit Barisan Selatan National, kita bisa melakukan petualangan sejati dengan berada di sebuah hutan tropis yang nyata dengan cara berkemah, trekking hutan, sungai jelajah, berenang, kano, serta kegiatan laut lainnya. Pengunjung juga dapat mengamati Rafflesia dan Carrion langka dan eksotis Bunga. Sukaraja Atas (Upper Sukaraja) adalah daerah yang dikenal sebagai tempat yang sempurna untuk mengamati Carrion Bunga tinggi . Sedangkan di daerah Suwoh pengunjung juga dapat bersantai mata air panas. Didaerah Kubu Perahu pengunjung dapat menemukan sebuah air terjun yang mempesona.


Cara dan Rute Menuju Taman Bukit Barisan Selatan National

Titik masuk utama ke Taman Bukit Barisan Selatan National adalah dari kota Bkamurlampung, ibukota Provinsi Lampung. Ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan dari Jakarta ke Radin Inten II Airport di Bkamurlampung, diantaranya :

•    Garuda Indonesia
•    Merpati Nusantara
•    Sriwijaya Air
•    Batavia Air

Dari Bkamur Lampung kamu bisa naik bus dari Terminal Rajabasa ke Kota Agung, perjalanan berlangsung sekitar dua sampai tiga jam.

Setelah kamu berada di Kota Agung, jangan lupa untuk mendapatkan izin di Perlindungan Hutan dan Konservasi kantor (PHPA) Alam. Dari Kota Agung kamu bisa langsung menuju pintu masuk TNBBS pada tampang menggunakan naik perahu yang disediakan di pelabuhan. Perjalanan perahu di sepanjang pantai akan berlangsung antara 5 sampai 7 jam, tergantung pada kondisi perahu.

kamu juga dapat mengambil rute Sedaya-Suwoh meskipun perjalanan itu akan menjadi sedikit kasar, karena jalan tak sepenuhnya diaspal. Dari Kota Agung mengambil Minibus menuju ke Sedaya. Dari Sedaya transportasi hanya tersedia untuk Suwoh adalah sepeda motor taxies atau “ojek”. Ingatlah bahwa kamu dapat mengambil rute ini pada musim kemarau saja. Bergantian, dari Sedaya kamu juga dapat mengambil Ojek (ojek) untuk Sukaraja Atas, yang merupakan pintu masuk lain.

Demikian informasi ini saya sampaikan, semoga review mengenai Taman Bukit Barisan Selatan National dapat memberikan tambahan informasi bagi sahabat pembaca semua. Semoga informasi ini bermanfaat.

  1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata dengan sejumlah wisata yang menarik. Sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *