Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Wednesday, August 20, 2014

Objek Wisata Pulau Gili Trawangan (Lombok)

Wisata Indonesia
Pulau Lombok saat ini telah menjadi salah satu Ikon wisata Indonesia, Keindahan pulau lombok tiada duanya di Indonesia, Keramahan masyarakat Sasak, Keindahan pantainya yg sangat putih, terumbu karang dan kekayaan hayati yg luar biasa, Kemegahan Gunung Rinjani serta keunikan budaya sasak banyak mengundang decak kagum wisatawan dalam dan luar negeri.

Pulau Lombok (jumlah penduduk pada tahun 2001: 2.722.123 jiwa) adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia.
Wisata Indonesia

Lombok dalam banyak hal mirip dengan Bali, dan pada dasawarsa tahun 1990-an mulai dikenal wisatawan mancanegara. Namun dengan munculnya krisis moneter yang melkamu Indonesia pada akhir tahun 1997 dan krisis-krisis lain yang menyertainya, potensi pariwisata agak terlantarkan. Lalu pada awal tahun 2000 terjadi kerusuhan antar-etnis dan antar agama di seluruh Lombok sehingga terjadi pengungsian besar-besaran kaum minoritas. Mereka terutama mengungsi ke pulau Bali. Namun selang beberapa lama kemudian situasi sudah menjadi kondusif dan mereka sudah kembali. Pada tahun 2007 sektor pariwisata adalah satu-satunya sektor di Lombok yang berkembang.

Tak salah memang jika banyak orang mengatakan bahwa Gili Trawangan adalah pulau paling eksotis di Lombok. Kecantikannya menyaingi keindahan laut Karibia. Keelokan bawah lautnya mempesona. Sungguh, kamu harus menjadikan Gili Trawangan sebagai destinasi utama saat menghabiskan waktu di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Wisata Indonesia

Di Gili Trawangan ada berbagai ornamen ciptaan Tuhan yang dapat kamu nikmati. Pasir di pantai ini sangat putih, airnya juga jernih, kawasan pantai bersih dan bebas dari pedagang asongan menjadi daya tarik utama Gili Trawangan. kamu akan melihat betapa wisatawan asing, khususnya, dengan santainya berjemur di bibir pantai tanpa merasa terganggu. Gradasi warna laut yang biru dan hijau akan menjadi pemadangan lazim mata kamu. Lauta tanpa batas, warna yang indah. Ya, inilah surga Gili Trawangan. Kita juga bisa melihat ikan dan terumbu karang langsung dari atas kapal yang berlayar tanpa harus menyelam.
Wisata Indonesia

Bagi yang ingin melihat kekayaan bawah laut lebih jelas, pilihannya adalah snorkling dan diving. Arus pantai yang tenang, membuat kamu betah berlama-lama melihat hamparan karang biru dan aneka ikan-ikan indah yang menari-nari. Bukan hanya itu, cuaca yang cerah dan langit kebiruan saja ternyata tak cukup menyumbangkan kecantikan Gili Trawangan. Kawasan ini juga cukup hijau dengan jajaran pohon cemara, akasia, kelapa dan deretan rumah-rumah jerami khas suku Sasak. Menyenangkan berjalan-jalan menyusuri pulau ini yang hanya memiliki panjang 2 km dan lebar 1,5 km. Wisatawan hanya perlu waktu 2 jam untuk mengelilingi Gili Trawangan. Selain menyesap keindahan pulau saaat berjalan-jalan, kamu akan bertemu dengan banyak warga asli pulau ini. Diakui atau tidak, keramahan penduduk sekitar merupakan daya tarik lain Gili Trawangan. Jadi, kamu tak usah takut tersesat karena ada mereka yang akan memberi tahu rute yang benar.
Wisata Indonesia

Gili Trawangan juga menyimpan pesona bagi siapa saja yang menyukai sunrise dan sunset. kamu hanya perlu duduk dan menikmati luruh dan terbitnya sang surya. Bagi penyuka fotografi, kamu seharusnya tidak melewatkan momen ini. Sunset akan semakin indah jika kamu melihatnya dari sebuah bukit di Gili Trawangan yang menyajikan pemkamungan luar biasa. Kita akan melihat panorama Selat Bali dan Gunung Agung dari kejauhan. Cahaya keemasan sunset perlahan akan menidurkan Gili Trawangan. Ah, namun pulau ini tidak pernah benar-benar tidur. Saat malam tiba, kita akan menemui banyak party night yang dihelat beberapa cafe seputaran kawasan ini. Apalagi kala bulan purnama, aneka pesta digelar sembari menikmati keindahan bulan penuh.
Wisata Indonesia

Wisatawan di pulau elok ini punya banyak pilihan aktivitas. kamu bisa mencoba scuba diving, snorkling, bermain kayak, berselancar dan berkuda. Disini kamu tidak hanya bisa menyelam pada siang hari, beberapa agen jasa penyelaman juga menawarkan diving pada malam hari. kamu akan menyaksikan keindahan laut dan terumbu karang yang lain dari pada biasanya. Jika kamu ingin melihat keindahan bawah laut di dua destinasi sekaligus, mereka menawarkan snorkling dari Pantai Senggigi ke Gili Trawangan atau sebaliknya. Menyenangkan bukan.

Atau bagi yang tak suka tantangan olahraga air, kamu bisa berkelling pulau dengan naik cidomo. Cidomo adalah kependekan dari Cikar Dokar Motor yang merupakan kereta khas Lombok. Gili Trawangan terlarang untuk kendaraan bermotor. Demi kenyamanan, ketenangan serta menghindari polusi, wisatawan hanya boleh menumpang cidomo dan sepeda yang banyak disewakan oleh warga. Gili Trawangan tak melulu menawarkan keindahan laut. Di tempat ini tedapat meriam yang merupakan sisa peninggalan tentara Jepang yang pernah singgah di pulau ini.
Wisata Indonesia

Jangan lantas buru-buru pulang jika sudah puas berwisata di pulau yang termasuk dalam daerah administratif Desa Gili Indah Lombok Barat ini, kamu bisa langsung menyeberang ke dua gili lainnya yakni Gili Air dan Gili Meno yang tak kalah cantiknya. Keindahannya akan membius kamu.

Untuk sampai ke Gili Trawangan, kamu harus menyeberang melalui Pelabuhan bangsal, di Kabupaten Lombok Utara dengan harga tiket Rp. 20 ribu. Dari kota Mataram, Pelabuhan Bangsal dapat dicapai dengan naik taksi melalui jalan sepanjang Pantai Senggigi dengan tarif sekitar Rp. 100 ribu.
Wisata Indonesia

Cara Mencapai Ke Gili Trawang
Kapal-kapal feri adalah cara yang paling popular untuk sampai ke Pulau Gili Trawangan dari Bali. Ada banyak jasa layanan kapal feri dari Padang Bai, Serangan, dan Benoa.

Gili Paradise dapat mengatur transportasi, akomodasi dan jalan-jalan di Pulau Gili Trawangan.
Beberapa pilihan sarana transportasi menuju Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara adalah dengan menggunakan pesawat dari Bali menuju bkamura Selaparang dan menggunakan taxi menuju pelabuhan Bangsal. Dari sini kamu bisa menggunakan perahu umum atau menggunakan speed boat sewaan yang tarifnya akan lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan kapal umum. Untuk tarif kapal umum menuju Gili Trawangan berkisar antara 15 ribuan dapat di tempuh dalam waktu 45 menit.
Wisata Indonesia

Kapal penyebrangan umum mulai beroperasi dari Jam 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore, beroperasinya pun tergantung pada jumlah penumpang, minimal 20 orang masing masing kapal baru dapat berangkat. Untuk jadwal keberangkatan tidak bisa dipastikan karena disesuaikan dengan jumlah penumpang yang akan menyebrang menuju masing masing Gili.

Semoga rangkuman informasi diatas dapat bermanfaat bagi sahabat travelers semua.
Wisata Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *