Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Friday, August 29, 2014

Panorama Keindahan Dan Kesejukan Objek Wisata Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey – Bandung

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Tempat yang satu ini memang pas banget untuk kamu yang menyukai petualangan outdoor, nama tempatnya adalah Bumi Perkemahan Ranca upas. Kawasan yang indah ini menjadi salah satu objek wisata paling dicari dan diminati oleh para pecinta alam baik tua dan muda. Para pemuda dan pemudi maupun keluarga yang senang dengan kegiatan alam. Perkemahan ranca upas ini terletak di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, udara di Bumi Perkemahan Ranca Upas saat kamu memasuki kawasannya sangatlah sejuk dan segar. Hutan alam di sekitar kawasan ini ditumbuhi pohon Puspa, Jamuju, Huru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai, Pasang dan tumbuhan lainnya, sedangkan fauna di area ini juga banyak bermacam-macam dan tersebar seperti burung Tekukur, Elang, Monyet, dan jenis binatang lainnya. Selain untuk berekreasi dan menikmati indahnya alam tempat ini juga sering dijadikan tempat pelatihan oleh banyak komunitas pecinta alam. Struktur geografis dan kondisinya sangat pas untuk mereka berlatih dan belajar bagaimana cara survival di alam bebas serta berlatih navigasi di jalan darat. Dengan kondisi yang berbukit-bukit, hutan yang lebat dan daratan yang naik turun, Bumi Perkemahan Ranca Upas memang tempat yang tepat untuk tempat pelatihan.


http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Tapi selain itu tidak semua bagian dari Ranca Upas dipergunakan untuk pelatihan kelompok pecinta alam saja, sebagian dari kawasan ini juga telah dipergunakan oleh pemerintah daerah untuk menjadi tempat berlibur yang nyaman dan menyenangkan bagi sebagian orang yg lebih senang menikmati liburan. Seperti  tempat pemandian air panas yang luas,dan di akhir tahun 2010 lalu telah dibangun area waterboom yang diberi nama Waterboom Ciwidey kamu bisa menikmatinya bersama seluruh keluarga. Selain itu di bagian yang lain juga telah dibangun fasilitas permainan untuk kamu yg senang dengan tantangan yg sedikit extrim yaitu outbond seperti Flying Fox, Water Ball, Shake Stairs, Cargo Net dan lain sebagainya. Bahkan ada salah satu pohon yang sangat besar disini dijadikan sebuah rumah pohon yang bisa dijadikan tempat bermain. Jika kamu membawa keluarga, dijamin mereka tak akan kehabisan wahana untuk bermain dan berpetualang bahkan kamu ingin kembali menikmati lagi wahana dan kesejukan alam perkemahan Ranca Upas untuk kedua kalinya. Selain yang diatas tadi,ada salah satu daya tarik di kawasan ini adalah dengan adanya penangkaran rusa yang sangat indah dan menarik.



Disini kita dapat berinteraksi langsung dengan rusa-rusa tersebut. Sebelum masuk ke area penangkaran rusa kita bisa membeli bungkusan plastik berisi wortel yang sudah tersedia untuk diberikan kepada rusa-rusa tersebut. Satu bungkus wortel tersebut dapat kita beli dengan harga sekitar Rp.5000,- saja. Jangan aneh jika tidak ada orang yang menjaga wortel-wortel jualan tersebut, sengaja atau tidak pihak pengelola menguji dan meminta kita sebagai pengunjung atas kejujurannya untuk memasukkan uang pembelian ke dalam sebuah kotak yang sudah disediakan ditempat tersebut.

Setelah kamu membawa makanan rusa tersebut,maka turunlah melalui jalan utama memasuki kawasan penangkaran. kamu dan keluarga dapat memberikan makan langsung pada rusa dengan memancing kedatangan rusa menggunakan wortel yang ada di tangan kamu. Tidak perlu takut saat rusa-rusa itu mendekat karena mereka smua sangatlah jinak, yang penting kita tidak menyakiti mereka. kamu dan keluarga akan merasakan senang ketika bisa menyentuh rusairusa tersebut.

Terletak pada ketinggian sekitar 1710 m dpl, Bumi Perkemahan Ranca Upas ini mempunyai wilayah keseluruhan seluas 215 ha. Terdapat banyak sekali pemandangan yang bisa menjadi daya tarik bagi kamu untuk dilihat dan dinikmati, contohnya seperti hawanya yang sejuk dengan suhu antara 18-23° C, pemandangan alam perbukitan yang sejuk dan sangat hijau di sekitarnya.
Kawasan hutan yang sangat luas serta terdapat berbagai macam jenis flora dan fauna yang disebutkan tadi di atas bisa ditemukan di sini. Selain itu, disini kamu juga bisa melihat rusa yang berada di penangkaran setempat seluas 4-5 ha, yang menambah daya tarik tersendiri bagi bumi perkemahan ini.


Bumi Perkemahan Ranca Upas merupakan salah satu tempat wisata di Ciwidey Bandung Selatan, yang tidak hanya para pecinta alam yang bisa menggunakan dan menikmati tempat ini untuk berkemah ataupun melakukan aktivitas alam lainnya,pengunjung yang sedang berekreasi ke daerah Ciwidey pun bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu obyek wisata Bandung ini. Lokasinya terletak tidak jauh dari gerbang utama Kawah Putih Ciwidey, dan sebelum memasuki Perkebunan Teh Ranca Bali.

Tips Wisata di Bumi Perkemahan Ranca Upas

Untuk menuju ke alam Bumi Perkemahan Ranca Upas harus dipersiapkan segala sesuatunya baik itu perlengkapan ataupun segala macam jenis untuk keselamatan diri, terutama jika kamu memutuskan untuk berkemah dan bermalam di tempat ini. Persiapannya antara lain tentu saja membawa kemah dan peralatannya. Bahan makanan, kompor portable, obat-obatan, air minum, jaket, senter, dan peralatan lainnya harus kamu bawa ketika berkemah. Dan kamu harus membawa uang tunai, karena tidak ada mesin  ATM yang tersedia di tempat ini. Karena jika kamu  ingin membeli sesuatu maka semuany harus serba tunai. Untuk memasuki kawasan ini kamu tidak harus membayar mahal, tiket hanya Rp.10.000,-/orang. Jika kamu membawa kendaraan sendiri misalnya  mobil,maka dikenakan tiket Rp.5.000,-  dan motor Rp.2.000,-




Akomodasi yang ada di tempat Objek Wisata Bumi Perkemahan Ranca Upas 

Jika kamu tidak ingin repot mempersiapkan perlengkapan berkemah dari rumah, maka disini juga disediakan tempat untuk menyewa kemah dan segala jenis perlengkapannya. Untuk tenda ukuran 4 orang kita bisa menyewanya dengan harga Rp.70.000,-/hari, untuk ukuran 10 orang Rp.300.000,-/hari dan untuk 20 orang sekitar Rp.400.000,-/hari. Di tempat ini kita juga bisa menyewa sleeping bag, lampu petromax, sampai kayu bakar juga bisa kita beli disini untuk keperluan jika kita ingin menyalakan api unggun. Untuk kamu yang baru pertama kali datang ke tempat ini ada baiknya banyak bertanya kepada penduduk setempat,untuk menanyakan  lokasi mana yang paling tepat dan ideal untuk dijadikan tempat berkemah dan memasang tenda, karena jika kita salah menentukan lokasi, kenyamanan berkemah bisa terganggu dan hilang. Misalnya saja jika kita berkemah di area yang rendah, maka jika hujan turun, kemungkinan besar tempat itu akan tergenang air.jika kita bertanya maka kenyamana dan keindahan bumi perkemahan ranca upas akan kita nikmati dengan indah.



 
Akses Dan Cara Serta Rute Menuju Bumi Perkemahan Ranca Upas

Jika kamu menggunakan mobil pribadi dan kamu berasal dari Jakarta maka dari Jakarta masuk lewat tol Cipularang, keluar pintu tol Kopo, melewati Jl. Terusan Kopo – Soreang, lalu belok ke kanan menuju Jl. Raya Soreang,kemudian  lanjut ke Jl. Raya Soreang – Ciwidey dan terus mengikuti jalan yang mulus dan berbelok-belok naik.

Tapi jika kamu menggunakan angkutan umum,kamu bisa menggunakan bus. Dari Jakarta kamu bisa naik bus dari Terminal Kampung Rambutan, Cawang (yang langsung masuk tol), Pulau Gadung (bus Patriot), Lebak Bulus, Kalideres, Tangerang, Bogor ke Terminal Leuwipanjang Bandung (ongkos sekitar Rp.50.000,-),atau dari kampung rambutan menggunakan bus yang langsung menuju terminal leuwi panjang.

Dari Terminal Bus Leuwipanjang, naik angkot elf atau Bus Putra Setia jurusan Bandung — Ciwidey, turun Ciwidey (Rp.6.000,-).

Dari Ciwidey naik angkot Jurusan Ciwidey – Situ Patengan (Rp.6.000,-) turun di jalan masuk ke Bumi Perkemahan Ranca Upas.

Pilihan lain ke Bumi Perkemahan Ranca Upas adalah naik travel Jakarta – Bandung dengan tujuan akhir di area yang terdekat dengan Terminal Leuwipanjang. Waktu tempuh bisa lebih cepat, dan harganya tidak jauh beda.kalau kamu berada di daerah lain,kamu bisa menggunakan angkutan yang menuju terminal leuwipanjang,setelah itu ikuti rute yang sudah dijelaskan diatas.
Silahkan kamu  mencoba berwisata ke bumi perkemahan Ranca Upas,kamu dijamin puas dan akan ketagihan untuk berwisata atau berkemah ditempat itu lagi. Selamat berlibur

  1 comment:

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *