Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Monday, August 25, 2014

Keindahan Panorama Objek Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul - Wisata Jogja (DIY)

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai yg berada di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai yg terletak di Desa Tepus ini bersebelahan dengan Pantai Sundak. Pasir Putih membentang dari timur ke barat di Pantai Indrayanti. Selain pasir putih, para wisatawan sangat dimanjakan dengan keindahan dan kebersihan pantai ini.

Pantai Indrayanti bak bidadari yg memukau para pecinta wisata pantai. pantai ini terletak di pesisir selatan provinsi Jogjakarta tepatnya di kabupaten Gunungkidul. Masih satu deretan dengan pantai Baron, pantai Kukup, pantai krakal dan pantai Sundak. Pantai ini baru terkenal pada beberapa tahun terakhir ini. Maklum, dulunya pantai ini tidak dikelola secara profesional. Kini, dengan pengelola swasta yg juga mengelola RUmah Makan Indrayanti menyulap Pantai Pulang Syawal ini tidak kalah dengan Pantai Kuta Bali.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/ Pantai Pulang Syawal ialah nama yg lazim dikenal warga setempat. Nama Indrayanti bisa dibilang kebetulan saja. Karena banyaknya pengunjung dan tidak ada papan nama yg jelas selain nama Cafe, maka disebutlah Indrayanti sbg nama pantai tersebut. Pantai Indrayanti tepatnya berada di desa Tepus, Wonosari, Gunungkidul, DIY.

Boleh dikatakan, ketenaran Pantai Indrayanti telah mengalahkan pantai Baron dan pantai kukup yg lebih dulu dikenal sbg pantai wisata. Boleh jadi karena kenyamanan juga. Di pantai Indrayanti, jangan coba-coba buang sampah sembarangan jika tidak mau kena denda Rp 10.000,- Denda ini semata-mata dikenakan demi menjaga kebersihan pantai sehingga wisatawan merasa nyaman.

Pulang Syawal merupakan pantai dengan pasir putih dan terumbu karang yg khas. Bebatuan karang kokoh yg mengapitnya, serta perbukitan karst di sebelah utaranya membuat pantai ini unik dan menawarkan sebuah pesona alam yg menawan. Bahkan di luar musim kemarau, pepohonan hijau di sekelilingnya yg menyuguhkan kombinasi warna kontras, dengan pasir putih serta lautan biru, membuat pantai ini nampak seperti lukisan indah yg menenangkan jiwa.

Lokasi Pantai Pulang Syawal ini yg dekat dengan jalan raya juga menambah data tarik bagi para pelintas sehingga pantai ini semakin mudah dikenal. Terlebih dalam hal letak, pantai ini sangat dekat dengan pantai-pantai lain yg sudah lebih dulu dikenal masyarakat luas seperti Krakal, Drini, dan Sundak.


Cara mencapai ke objek wisata

Rute Dari Yogya
Dari arah Yogya, kamu dapat mengambil jalur kota maupun jalur selatan. Titik persimpangan antara kedua jalur tersebut dapat kamu temukan di pertigaan Gading atau yg juga dikenal dengan pertigaan Lapangan AAU Gading. Untuk jalur kota Wonosari, kamu harus mengambil arah lurus atau kiri, melewati kota kabupaten Gunungkidul dan mengambil arah menuju Baron. Sementara itu, jika kamu ingin mengambil jalur selatan, pada pertigaan Gading, kamu dapat mengambil arah kanan dan lurus menuju Kecamatan Playen- Paliyan.

Rute Jalur SelatanJalur Selatan ini dapat kamu telusuri mulai dari pengambilan arah kanan dari pertigaan AAU Gading. kamu akan melewati Kecamatan Playen menuju Kecamatan Paliyan. Antara pertigaan Gading hingga Kecamatan Paliyan, hendaknya kamu hati-hati karena jalannya cukup sempit dan bergelombang. Meski lalu lintas umumnya tidak terlalu padat, pada hari-hari libur, jalur ini mulai ramai dipenuhi bis-bis wisatawan yg juga akan menuju kawasan pantai.

Setelah sampai Pasar Paliyan, kamu ambil arah kiri, dan di depan Polsek Paliyan, kamu ambil arah kanan menuju Trowono. Jika kamu ingin membeli belalang, di jalan antara Paliyan dan Trowono inilah tempat mangkal para penjual belalang. Nah, untuk menuju kawasan pantai, kamu harus mengambil arah kiri ketika sampai di pertigaan Trowono, menuju pertigaan Tanjungsari, dan kekanan menuju kawasan pantai.

Rute Jalur Kota Wonosari
Pada dasarnya, jika kamu ingin memakai jalur Kota Wonosari, pada pertigaan Gading, kamu dapat terus berjalan lurus (kiri) dan menuju ke Bunderan Siyono. Pada titik ini, kamu dapat memilih melewati pusat kota dengan berjalan lurus atau mengambil rute Ring Road di arah kanan. Tujuan kedua rute ini sama-sama menuju pertigaan Mulo, dimana kamu akan dihadapkan lagi pada dua pilihan jalur, yakni Jalur Tepus dan Tanjungsari.

Rute Arah Tanjungsari

Dari pertigaan Mulo, kamu harus mengambil arah lurus kearah Tanjungsari, dimana kamu akan bertemu dengan pertigaan yg terhubung dengan jalur dari arah Trowono (Jalur Selatan). Pada titik ini kamu dapat berjalan lurus, langsung menuju kawasan pantai. Dimulai dari Pantai Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sundak, dan paling ujung Indrayanti atau Pulang Syawal, kamu akan disuguhi pemkamungan khas kawasan karst dengan perbukitan menjulang dan jalanan yg berliku.

Rute Arah Tepus
Jika kamu mengambil jalur Tepus, pemkamungan perbukitan karst dan perdesaan Tepus juga akan mewarnai perjalanan kamu. kamu akan melewati pusat Kota Kecamatan Tepus hingga akhirnya akan menemukan pertigaan Tepus, dengan arah kiri menuju Pantai Wediombo dan Siung, sementara arah kanan menuju ke Indrayanti atau Pulang Syawal. Ambilah arah kanan karena setelah sekitar 5 km, kamu akan tiba di Pantai Indrayanti.

Itulah review tentang objek wisata Pantai Indrayanti Gunungkidul yg dapat kamu tempuh sebelum menikmati indahnya pasir putih yang indah dan bersih dengan pemandangan alam pantai yg menggugah rasa syukur kita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca semua.

  3 comments:

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *