Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Monday, August 25, 2014

Keindahan Panorama Objek Wisata Pantai Siung (Daerah Istimewa Yogyakarta) - Wisata Jogja

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Pernah dengar pantai Siung sobat ?, kali ini saya akan mereview pantai yang ada di Jogja Ini. Pantai Siung boleh dikatakan tak sepopuler Parangtritis, Karangbolong, Indrayantai, atau kukup. tapi tahukah kamu bahwa Pantai Siung memiliki daya tarik khas. Batu karangnya termasuk yang terindah dari sekian banyak pantai di pesisir selatan pulau Jawa.

Ciri khas Pantai Siung yang jarang dimiliki pantai lainnya ialah ombaknya yang fantastis. Jangan coba-coba kamu berenang di Pantai Siung dikarenakan nyawa taruhannya. Apa sebab? Pantai Siung memiliki ombak yang relatif besar and siap menerjang karang-karang di tepi pantai. Boleh dikatakan mirip dengan pantai Kukup, ombaknya bisa setinggi rumah.

Ciri khas lain Pantai Siung ialah pantai berpasir putih dengan bibir pantai tergolong lkamui. Banyak hewan laut bisa kamu jumpai di balik bebatuan di dasar pantai Siung ini. tapi hati-hati and jangan terlena, pada bagian ujung dasar pantai yang kamui justru bisa berhadapan langsung dengan ombak ganas. Dasar pantainya langsung curam ke bawah and dalam. Sangat mirip dengan Parangtritis yang memiliki mitos bisa menghisap wisatawan yang seandg berenang di laut. Jadi, sebaiknya waspada saja ketika bermain di bibir pantai Siung ini.

Di pantai Klayar kamu bisa menemukan air mancur ajaib dikarenakan asalnya dari dasar laut, aneh bukan? Di Pantai Siung, kamu bisa menemui banyak pemanjat tebing mencari tantangan, ada juga pemburu sunset atau matahari terbenam, and satu lagi pecinta hobi unik pecinta pesona ombak besar menghantam tebing batu karang.

Dikarenakan lokasinya agak terpencil, wajar saja jika Pantai Siung yang masih di wilayah Jogja ini belum banyak dikenal masyarakat umum. Meski demikian, akses menuju pantai Siung sudah relaitf bagus and nyaman dilewati. Dari Jogja sampai ke Pantai Siung jalanan sudah beraspal halus.

Pantai Siung asli memberikan kesan mendalam bagi pecinta alam. Jalan menuju Pantai Siung cukup untuk sebuah mobil tapi terasa sempit untuk rombongan bus besar. Medannya berkelok and naik turun layaknya dipegunungan.

Panorama menuju Pantai Siung begitu menakjubkan. Sang Maha Pencipta menunjukkan kuasaNya melalui  hutan and pegunungan kapur raksasa. Terasering di perbukitan kapur tampak begitu indah. Terasering itu dibuat teratur rapi hingga di dasar jurang and membentuk mangkuk raksasa. Persis seperti tambang terbuka di papua.

Ada apa dengan terasering itu? Terasering di sepanjang perjalanan menuju Pantai Siung itu berfungsi sebagai lading untuk bercocok tanam pohon produksi semacam mahoni atau juga ditanami palawija.

Akomodasi yang ada di Pantai Siung
 
Pantai Siung sudah menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Diantaranya area parkir, toilet umum, mushola, warung and berbagai pedagang asongan. Bagi pecinta pantai bersih, Pantai Siung bisa dijadikan destinasi wisata selain pantai Indrayanti. kamu bisa menemui banyak titik pembuangan sampah. Hal ini menjadikan ciri tersendiri dikarenakan banyak pantai di pesisir selatan Jogja kurang terjaga kebersihannya.


Cara Mencapai Pantai Siung

Rute Pertama : Jalur umum dari kota Jogja dari arah jalan Piyungan menuju ke kota Wonosari kemudian ke selatan (arah Pantai Baron) sekitar 9 km ada pertigaan  di Desa Mulo (50m setelah kolam renang), jika lurus ke arah Baron. Ambil yang ke kiri Jurusan Mentel -  Bintaos - Tepus- Pertigaan Winangun/Nangun {depan Klinik), belok kanan langsung menuju pantai Siung.Total perjalanan dari Wonosari ke lokasi Pantai Siung kurang lebih 40 km, tapi waktu tempuh bisa agak lama sedikit dikarenakan kondisi jalan di beberapa tempat yang  agak sempit, berliku and naik turun.

Rute alternatif : Dari Wonosari menuju Mulo, dari pertigaan Mulo ini lurus saja ke arah Baron, 1km sebelum Pantai Baron ada pertigaan ambil ke kiri -  arah Pantai Kukup – Pantai sepanjang – Pulau Drini- Pantai Krakal – Pantai Sundak – Pantai Indrayanti – terus menuju Desa Tepus – Pertigaan Winangun/Nangun ke kanan arah Pantai Siung.(jarak lebih jauh and waktu tempuh lebih lama-keuntungannya kamu bisa menyusuri pantai lainnya di wisatapantai Gunung kidul)  

Rute kedua jalur dari Klaten:  Semanu-Giripanggung-Sumberwungu, Klayu, Gude, Blekonang-Winangun-Pantai Siung. Atau dari Giripanggung-Cuelo ke selatan – Winangun/nangun-pantai Siung.

Rute ketiga jalur dari Solo : dari Praci – ke arah Kecamatan Rongkop/Baran -  ke selatan arah Nglindur – Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah (di tengah ada Tugunya) belok ke kanan – pasar Jepitu –lurus terus ke arah pertigaan  Winangun –belok kiri Pantai Siung.

Jalur alternatif : dari Timur/Utara  ke arah Song Banyu/arah pantai Sadeng – pertigaan ke kanan arah Pasar Ngrancah (kalau ke kiri ke Pantai Sadeng) -  Pertigaan yang ada Tugu di tengah – Belok Kiri arah ke Pasar Jepitu – lurus terus ke arah pertigaan  Winangun –belok kiri Pantai Siung.

  1 comment:

  1. keren artikel nya
    dan sangat menarik untuk dibaca
    terimakasih info kitela nya
    terus berkreasi gan

    ReplyDelete

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *