Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Wednesday, August 20, 2014

Objek Wisata Pulau Bidadari (Pulau Seribu)

Wisata Indonesia
Pernah mendengar nama Pulau Bidadari sobat travelers? Pulau ini merupakan tempat singgah para wisatawan bahari dalam menjelajahi kepulauan seribu. Hanya butuh 30 menit dengan menggunakan speed boat dari Marina Ancol Dermaga 17. Di pulau ini, kamu akan menemukan kenyamanan dalam suasana bahari kepulauan seribu yang kaya akan pesona alam.

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau gugusan Pulau Seribu yang dikelilingi oleh pepohonan besar, dahulu pulau ini bernama Pulau Sakit dan Pulau Pumered. Pulau Bidadari diilhami dari nama pulau lainnya di Kepulauan Seribu seperti Pulau Putri, Pulau Nirwana, dan lainnya. Secara geografis pulau ini berada di antara gugusan Pulau Onrust, Pulau Khayangan, Pulau Kelor, dan Pulau Ayer, kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kabupaten Kepulauan Seribu.
Wisata Indonesia

Pulau ini dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu karena lokasinya yang indah dan bersejarah. Pada abad ke 17, Belkamu membangun rumah sakit lepra atau kusta oleh karena itu dahulu pulau ini bernama Pulau Sakit saat bersama Belkamu juga membangun benteng yang berfungsi sebagai sarana pengawasan untuk melakukan pertahanan dari serangan musuh. Sampai dengan tahun 1970 pulau ini belum didiami oleh manusia, bahkan pulau ini tidak pernah dikunjungi orang. Pada awal tahun 1970an, PT Seabreez mengelola pulau ini untuk dijadikan sebagai resor wisata. Menurut penuturan masyarakat, dinamakan Pulau Bidadari karena dahulu Pengeran Jayakarta dan keluarga kerajaan menjadikannya sebagai tempat rekreasi dan hanya keluarga kerajaan saja yang boleh berekreasi di pulau ini sehingga disebut Pulau Bidadari</div> <div style=" text-align:="" />
Wisata Indonesia

Selain peninggalan-peninggalan bersejarah dari zaman penjajahan Belkamu menjadi daya tarik Pulau Bidadari pulau ini juga memiliki pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih. Beberapa tanaman langka seperti pohon perdamaian (baringtonia exelsa), pohon kepuh, pohon sentigi (pempis acidula), pohon kayu hitam (diospyros maritama), pohon glodokan, beberapa tanaman buah, dan juga hutan mangrove tumbuh dan terpelihara dengan baik di pulau ini.

Lokasinya termasuk yang dekat dari Jakarta sekira 15 kilometer atau 20 menit perjalanan dengan speedboat. Pulau Bidadari berada di antara gugusan Pulau Onrust, Pulau Khayangan, Pulau Kelor, dan Pulau Ayer. Secara administratif pulau ini masuk Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau Bidadari terus dikembangkan sebagai salah satu tujuan wisata di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu karena keindahan alam sekaligus bersejarah.

Wisata Indonesia
Akomodasi Di Pulau Bidadari ada 49 cottage yang terapung dan juga yang berada di darat. Cottage terapung tersebut berupa rumah panggung di atas air dan berada di antara pepohonan yang menghadap ke laut layaknya perkampungan nelayan. Lokasi ini sangat tepat untuk kamu yang mencari lokasi bulan madu karena nuansa di sini jelas membangkitkan aura romantis. Di daratnya tersedia juga rumah adat Minahasa yang dilengkapi AC, water heater, dan televisi. Tersedia juga sarana karaoke, games, meeting room, restaurant, souvenir shop, bar, volley beach, dan tenis meja. Cottage ini juga dilengkapi tempat penyewaan peralatan olah raga air, seperti jetski, banana boat, canoe, dan alat pancing. Tidak semua pulau di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu memiliki fasilitas listrik 24 jam. Pulau Bidadari adalah salah satu yang menyediakan listrik 24 jam. Tersedia juga air bersih yang layak pakai.
Wisata Indonesia

Transportasi Pulau Bidadari dapat dituju sekira 30-45 menit dari Dermaga 17 Marina Jaya Ancol dengan KM Kerapu. Harga tiketnya Rp32.000 (belum termasuk tiket masuk Ancol) dengan waktu tempuhnya sekira 20-30. Jadwal keberangkatan dari Marina Ancol pukul 08.00 atau pukul 09.00 dan kembali pukul 13.30 atau pukul 14.00 WIB.

Kuliner Pulau Bidadari menyediakan restoran yang siap memanjakan lidah kamu dengan menu utama berupa makanan olahan laut yang diperoleh langsung dari nelayan. Cicipi menu favorit seperti sup kepala ikan, sup rajungan, kerang hijau, baby stingray, dan lainnya. Apabila kamu memilih makanan selain seafood maka cicipi nasi gorengnya seharga Rp20.000 per porsi, mie kuah Rp20.000 per porsi, atau ikan baronang bakar Rp55.000 per porsinya. Di sini kadang ada barbeque party di malam harinya.

Wisata Indonesia
Kegiatan Karena lokasinya dekat dengan Jakarta sehingga air laut di pulau ini tidak tepat untuk snorkling dan diving. Akan tetapi, di sini kamu dapat mencoba atraksi wisata bahari seperti jetski, banana boat, canoe, atau memancing. Tersedia juga saranan outbond di cottage-nya. kamu dapat berjemur di bawah sinar mentari (sunbathing) karena tersedia kursi kayu di area khusus. Tempat ini cocok untuk bercengkrama atau membaca buku. Pulau Bidadari juga menjadi tempat pembibitan ikan lumba-lumba, Ada beberapa ekor lumba-lumba di sini. kamu atau anak-anak dapat berenang bersama lumba-lumba di sini.

Wisata Indonesia
Tersedia juga fasilitas terapi bagi anak autis dengan berinteraksi bersama lumba-lumba, Harga terapi ini adalah Rp150.000 per setengah jam. Dua ekor lumba-lumba yaitu Yossy dan Nia akan mengajak anak kamu berenang bersama dengan aman. Di Pulau indah ini juga dapat kamu temui peninggalan bersejarah berupa benteng beserta meriamnya. Bentuk bangunan benteng menara pengawas tersebut di Eropa lebih dikenal dengan sebutan Menara Martello. Fungsi bangunan ini sebagai menara pengawas dan benteng dengan bentuknya bundar bergaris tengah 23 meter dan tebal dinding 2,50 meter. Di bagian tengah terdapat sebuah dinding lingkaran yang berfungsi sebagai tempat menampung air bersih untuk keperluan minum dan memasak tentara penjaga saat itu. Berdasarkan penelitian dan penggalian dari Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta, bangunan menara ini asalnya bertingkat dua karena adanya lubang-lubang penyangga balok lantai. Ruangan di lantai dua ada tujuh dan berfungsi sebagai ruangan tidur sekaligus tempat pengintaian. Salah satu berfungsi sebagai tempat penyimpanan amunisi. Pulau Bidadari memiliki beberapa titik untuk kamu menikmati Matahari terbenam. kamu dapat sepuasnya mengabadikan Sang Surya di Pulau ini dengan kamera kesayangan lalu pamerkan sebagai oleh-oleh atau muatlah di microbloger. Sunset di Pulau Bidadari telah banyak dimanfaatkan untuk lokasi photo prewedding .

Wisata Indonesia
Berbelanja Di Pulau Bidadari kamu bisa membeli cenderamata di toko suvenir yang tersedia. Berkeliling Cara terbaik berkeliling Pulau Bidadari adalah dengan berjalan kaki dan berbekal kamera. Pulau ini dapat dikelilingi dengan berjalan kaki sekira 1-2 jam.

Tips -Jika hari libur tiba, biasanya penginapan penuh, jadi sebaiknya kamu memesan beberapa hari sebelum keberangkatan. -Musim kunjungan terbaik adalah bulan Maret hingga Mei setiap tahunnya. Pada bulan November hingga Februari sering terjadi ombak yang besar jadi disarankan menghindarinya. Cuaca kurang mendukung juga terjadi bulan Mei hingga Agustus. Kepulauan Seribu meliputi ratusan pulau yang saling berdekatan sehingga ombak laut akan terpecah di pulau-pulau tersebut dan mengurangi terjangan yang lebih berbahaya. Apabila cuaca kurang mendukung maka biasannya perjalanan akan ditunda hingga cuaca memungkinkan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sahabat yang suka berwisata.
Wisata Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *