Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Sunday, August 31, 2014

Keindahan Pesona Bawah Laut Objek Wisata Pulau Derawan – Tempat Wisata Berau Kalimantan Timur

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Sebagai negara kepulauan yg besar, Indonesia memang tak pernah kehabisan tempat-tempat wisata baru untuk dieksplorasi. Salah satu destinasi populer untuk traveler yg ingin menikmati keindahan bawah laut Indonesia adalah Pulau Derawan di Kalimantan Timur. Kalau mendengar nama Pulau Derawan, pasti sudah terbayg hamparan laut biru yg jernih and panorama bawah laut yg luar biasa indah.

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yg berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yg diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Derawan adalah surga tropis yg sempurna. Sinar Matahari yg hangat berpadu dgn pemkamungan pantai pasir putih nan halus, pohon kelapa yg melambai, serta laut jernih yg berubah warna dr hijau ke biru kobal. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, kamu akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati yg berharga. dgn kekayaan bawah lautnya maka tak mengherankan apabila kemudian Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.


Berada tak jauh dr daratan Kabupaten Berau di Kalimantan Timur, kepulauan Derawan terdiri dr 31 pulau and yg paling terkenal di antaranya adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, and Kakaban. Di sini bersarang kura-kura hijau langka and juga penyu sisik. kamu dapat menyaksikan setiap hari penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya tak kurang dr 1,27 juta hektar.

Kepulauan Derawan adalah salah satu destinasi wisata laut yg mulai populer di Indonesia saat ini. Banyak traveler lokal and asing bahkan penyelam-penyelam terbaik di dunia berkunjung ke kepulauan eksotis ini. Magnet utama nya terletak pada pantai, pulau, terumbu karang, and tentu saja andau ubur-ubur Kakaban nya yg sangat langka tersebut. andau jenis ini hanya ada 2 lokasi di dunia, yakni di Kep. Derawan Indonesia and Republik Palau.  Bahkan ubur-ubur yg ada di andau Kakaban, jauh lebih banyak di bandingkan dgn yg ada di Republik Palau.

kamu dapat menemukan setaknya 460 jenis karang and ini terbanyak kedua setelah Raja Ampat di Papua Barat. Di Derawan setaknya ditemukan lebih dr 870 jenis ikan mulai dr kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Dalam beberapa hari, sekelompok pari manta ini dalam jumlah banyak hingga 50 ekor dapat kamu lihat seandg makan bersama di perairan Derawan.


Di pulau ini kita bisa menjumpai segerombolan ikan hias and berenang bersama penyu hijau. Jika ingin menyaksikan penyu-penyu tersebut bertelur , and melepas anak penyu (tukik) kita bisa mengunjungi pulau Sanglaki , atau jika ingin mencoba kegiatan yg lebih menantang , bisa berenang bersama ubur-ubur di andau Kakaban, tapi tenang saja , ubur-ubur di andau ini tak menyengat.Setelah itu kita bisa menikmati eksotisme keindahan Pulau Maratua.

Di Kakaban, kamu dapat menemukan andau ubur-ubur terbesar and paling beragam di dunia, termasuk empat spesies unik ubur-ubur stingless  yg dapat berenang terbalik. Inilah alasanya mengapa Kakaban dipertimbangkan menjadi nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kepulauan Derawan memiliki sejumlah spesies unik and dilindungi, di antaranya adalah kepiting kelapa, ikan paus, lumba-lumba, and duyung. Kepiting kelapa ditemukan di dekat Pulau Kakaban and Maratua, sementara paus and lumba-lumba di bulan-bulan tertentu dapat kamu lihat di sekitar Semama, Sangalaki, Kakaban and Maratua. Duyung berenang di sekitar Pulau Panjang and Semama, sementara pari manta ditemukan di sekitar Sangalaki. Kuda laut kerdil ada di sekitar Semama and Derawan. Spesies yg dilindungi lainnya adalah barakuda.


Akses Dan Cara Serta Rute Menuju Lokasi Objek Wisata Pulau Derawan

Rute Pertama : Pertama-tama kamu terbang dr Balikpapan menuju Tarakan di Kalimatan Utara. dr Tarakan, kamu akan melanjutkan perjalanan dgn speedboat melewati sungai and tiba di Tanjung Selor, ibukota Kalimantan Utara. dr Kaltara, kamu bisa melanjutkan perjalanan lewat jalur darat selama kurang lebih 2 jam. Baru setelah itu bisa tiba di Tanjung Redeb, Berau. dr Tanjung Redeb, Berau kamu menuju Pelabuhan Tanjung Batu. dr sini dgn menggunakan speedboat selama kurang lebih 1 jam, kamu akan tiba di Kepulauan Derawan.

Rute Kedua : Untuk menuju Derawan dapat dituju melalui penerbangan ke Balikpapan di Kalimantan Timur dr Jakarta, Surabaya atau Denpasar dgn Garuda Indonesia. Berikutnya kamu dapat mengambil penerbangan penghubung dgn Garuda Indonesia, Kalstar, Deraya atau DAS ke Tanjung Redep di Berau. dr sana berikutnya kapal akan mengatar kamu ke Kepulauan Derawan.

Rute Ketiga : dr Balikapan ke Samarinda dgn bus, lalu Samarinda ke Berau dgn taksi kijang, kemudian Berau ke Tanjung Batu dgn taksi kijang, terakhir, Tanjung Batu ke Pulau Derawan dgn speedboat.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *