Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Sunday, August 31, 2014

Panorama Keindahan Objek Wisata Pulau Sangalaki – Tempat Wisata Berau Kalimantan Timur

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Kalimantan Timur mungkin terkenal dgn Pulau Derawan. Tapi tak hanya itu, di sana jg ada Pulau Sangalaki yg tak berpenghuni and punya dunia bawah laut yg menawan . Pulau Sangalaki adalah sebuah pulau kecil seluas 15,9 hektar. Pulau ini adalah salah satu pulau yg merupakan bagian dari Kepulauan Derawan. Kepulauan Derawan adalah gugusan pulau yg terkenal hingga ke mancanegara. Selain dari Sangalaki, pulau lain yg terkenal dari Kepulauan Derawan adalah Pulau Kakaban and Pulau Derawan. Pulau Sangalaki terletak di bagian semenanjung utara perairan Kabupaten Berau. Oleh karena itu secara administratif, Pulau Sangalaki masuk kedalam wilayah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Bukan hanya pemandangan di bawah laut saja dpt dinikmati, tapi jg pemandangan alam sekitarnya dgn hamparan pasir putih pinggir pantai. Bila mengelilingi Pulau Sangalaki hanya butuh waktu 30 menit dpt menyaksikan berbagai satwa liar diantaranya ketam kelapa, biawak, elang bondol, burung gosong Filipina, kuntul karang and burung laut lainnya. Pemkamungan saat penyu naik ke daratan untuk bertelur pun menjadi pemandangan yg ditunggu para wisatawan.

Sebagian besar penyu yg ada di dunia merupakan spesies yg terancam punah. Itu termasuk spesies penyu sisik and penyu hijau yg hidup di Pulau Sangalaki. Bukan hanya itu saja, tapi Pulau Sangalaki jg merupakan tempat bertelur utama bagi penyu hijau di kawasan Asia Tenggara. Oleh karena itu wajar saja apabila Pulau Sangalaki mempunyai fasilitas konservasi penyu yg sangat baik.


Tak begitu sulit untuk menemukan penyu di Pulau Sangalaki. Ketika kamu berjalan dipantai saja suda terlihat beberapa jejak penyu. Hanya saja penyu ini baru datang ke Pulau Sangalaki pada saat malam hari. Pada malam hari bisa ditemui puluhan penyu yg datang kesini. Setiap tahunnya total ada lebih dari 3.700 penyu yg mampir ke pulau ini. 

Pulau satu ini jg memiliki keindahan saat senja mulai menjemput. kamu bisa menikmati keindahan sunset di Sangalaki and di beberapa waktu kamu jg bisa melihat penyu-penyu yg dilepas ke habitat aslinya. Karena di pulau Sangalaki terdpt  penangkaran penyu, tentu bukan hal yg biasa bisa dinikmati di kota-kota besar bukan.

Mereka datang ke Pulau Sangalaki untuk bertelur, terutama pada saat air laut seandg pasang. Kegiatan bertelur para penyu di Pulau Sangalaki bisa dibilang semi alami. Karena setelah penyu-penyu tersebut selesai bertelur, telur yg sudah ditetaskan akan diawasi. Apabila dirasa tak aman posisi dimana penyu menguburkan telurnya, maka akan ada beberapa petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yg memindahkan telur ini ke lokasi lain yg dianggap lebih aman. Hewan seperti biawak yg jg tinggal di Pulau Sangalaki dikenal suka memangsa telur penyu.

Satu penyu dewasa mampu bertelur sebanyak 100 butir. Setiap malamnya ada lebih dari 20 penyu dewasa yg bertelur di Pulau Sangalaki. Karena mereka bertelur dalam waktu yg berdekatan, maka pada saat menetas akan ada ribuan anak penyu yg disebut dgn tukik sedang berlomba untuk duluan menuju laut. 


Hal menarik yg bisa kamu lakukan di Pulau Sangalaki selain melihat aktifitas penyu adalah menyelam bersama pari manta. Pari manta adalah hewan laut yg langka. Beberapa pengunjung ada yg datang ke Pulau Sangalaki khusus untuk melihat pari manta ini. Di laut bebas, tubuh pari manta yg berbentuk seperti layang-layang ini bisa mencapai lebar 7 m. Tapi yg hidup di Pulau Sangalaki adalah dari jenis pari manta karang yg tubuhnya hanya bisa tumbuh hingga selebar 5,5 m. Tetap saja pengalaman menyelam bersama pari manta merupakan pengalaman yg luar biasa. Perjalanan jauh untuk melihat pari manta di Pulau Sangalaki bisa dibilang sepadan.

Pulau ini memang menawarkan keindahan taman bawah laut yg luar biasa indah. Sangalaki memiliki beberapa dive point yg sudah sangat terkenal  di telinga para penyelam local maupun mancanegara. Di dive point tersebut mereka bisa menikmati keindahan terumbu karang yg konon merupakan salah satu yg terbaik di laut Indonesia.keindahan flora and fauna bawah lautnya jg menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam ini. Dive point yg mampu membius kekaguman para penyelam ke Pulau Sangalaki diantaranya Ridge, Light house, Sherwood Forest, Sandy Ridge, Manta Run, Manta  Avenue, Manta Parade,  The Rockies, Channel Entrance, Coral Gardens, Town, and lain-lain yg siap untuk diselami and dinikmati keanekaragamannya.

Untuk penginapan, Sangalaki Dive Lodge menyediakan 10 pondok yg mereka sebut dgn chalets dgn pemandangan yg langsung menghadap ke laut. 10 chalets tersebut dibagi menjadi 2 tipe, yaitu Euro and Bornoe. 4 chalets adalah tipe Euro, sementara yg 6 lainnya merupakan tipe Borneo. Setiap chalets mempunyai beranda sendiri, dgn dua unik kasur, and kamar mandi yg dilengkapi dgn pancuran air panas. 

Hanya chalets yg bertipe euro yg dilengkapi dgn AC. Selain penginapan, fasilitas pendukung lainnya yg disediakan seperti teras berjemur, ruang santai, and ruang makan. Ada jg yg digunakan sebagai tempat penyimpanan alat selam sekaligus tempat briefing yg biasanya dilakukan sebelum menyelam.


Akses and Cara Serta Rute Menuju Lokasi Objek Wisata Pulau Sangalaki

Untuk mencapai Pulau Sangalaki, kamu dpt mengambil pesawat dari bkamura Soekarno-Hatta di Jakarta ke bkamura Sepinggan (BPN) di Balikpapan yg dilayani oleh Garuda Indonesia, Air Asia, and Lion Air.

Dari Sepinggan, kamu dpt menggunakan pesawat Deraya ke ibu kota kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Deraya melayani penerbangan komuter and sewaan. Setelah tiba di Tanjung Redeb, kamu bisa melanjutkan perjalanan dgn speed boat sepanjang Sungai Segah menuju Sangalaki. Total waktu yg dibutuhkan sekitar 8 sampai 9 jam dari Jakarta ke Sangalaki.

  1 comment:

  1. wow..keren2 nih tempatnya,,,jadi pingin kesana kapan2..

    www.unopapua.com

    ReplyDelete

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *