Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Sunday, August 31, 2014

Pesona Keindahan Eksotisme Wisata Danau Kakaban (Danau Ubur-Ubur) Objek Wisata Kalimantan Timur

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Sahabat pembaca sudah dengar Danau Kakaban ? Danau Kakaban sering disebut Danau Ubur-ubur. Danau ubur-ubur Kakaban terletak di Pulau Kakaban yang termasuk dalam Kabupaten Berau, propinsi Kalimantan Timur. Danau ini terletak di tengah - tengah pulau Kakaban yang memiliki luas 774 hektar. Luas Danau ubur-ubur itu sendiri mencapai 390 hektar dengan kedalaman maksimum 11 meter. Pulau Kakaban merupakan salah satu gugusan kepulauan Derawan. Kepulauan Derawanme sendiri mempunyai 31 pulau and salah satu pulau ter-exotic-nya adalah pulau Kakaban.

Danau Kakaban adalah salah satu potensi wisata di kalimantan timur yang bisa dibilang masih perawan. Keasrian alam yang terjaga tampak jelas disini. Air biru nan jernih senantiasa menyapa kamu. Sayang sarana prasarana ditempat ini masih belum memadai. Nama Kakaban sendiri dalam bahasa daerah adalah "memeluk", jadi pulau Kakaban adalah pulau yang memeluk Danau.


Danau Kakaban memiliki salah satu keunikan yang hanya dimiliki oleh dua Danau di dunia. Keunikan Danau Kakaban adalah terbentuk dari mekanisme tektonik yang mengkibatkan terbentuknya air Danau yang berasal dari dasar laut. Dasar laut ini terangkat perlahan-lahan melalui proses yang cukup lama sekitar 1-2 juta tahun yang lalu. Peristiwa tersebut mengakibatkan air yang ada di area laut yang terangkat terjebak. 

Ubur-ubur yang ada didalamnyapun mengalami evolusi setelah sekian lama terperangkap di Danau Kakaban. Ubur-ubur ini tidak memiliki bisa and tentakel-tentakelnya menjadi  memendek. kamu bisa berenang sambil menikmati keindahan hewan invertebrata ini. Di Danau ini terdapat empat jenis ubur-ubur dengan jumlah ribuan ekor. Empat jenis ubur-ubur di Danau ini adalah, ubur-ubur bulan, ubur-ubur kotak, ubur-ubur totol and ubur-ubur terbalik.

Ubur-ubur bulan merupakan ubur-ubur terbesar dengan tubuh berwarna putih agak transparan and bermotif daun semanggi di ujung tudungnya. Ubur-ubur totol merupakan ubur-ubur yang paling banyak jumlahnya di Danau Kakaban ini. Karena evolusi and perubahan morfologi yang drastic mengakibatkan motif tutul di tubuhnya menghilang. Ubur-ubur kotak merupakan ubur-ubur dengan ukuran terkecil. Sebenarnya ubur-ubur kotak ini memiliki sengat yang paling mematikan, tapi karena tereduksi and evolusi sehingga sekarang tidak membahayakan bagi manusia. Jenis ubur-ubur yang tak kalah unik adalah ubur-ubur terbalik. Karena ubur-ubur ini selalu membalikkan tubuhnya di dasar Danau untuk memaksimalkan proses fotosintesis.

Di dunia, tempat seperti ini hanya dijumpai di Danau Ubur-ubur Palau, Kepulauan Micronesia di kawasan Tenggara Laut Pasifik. and satu lagi di Danau kakaban Kalimantan, dengan demikian Pulau Kakaban merupakan satu-satunya pulau di Indonesia yang mempunyai Danau di tengahnya.

Selain itu, di pinggiran pantainya juga tumbuh hutan bakau, yang dihuni oleh banyak jenis kepiting, teripang, and ular laut. Banyak sekali jenis-jenis hewan yang belum diidentifikasi di kawasan ini. Pulau Kakaban merupakan surga kekayaan biologi yang ada di Indonesia. Misteri bagaimana hewan and tumbuhan yang terisolasi dalam Danau ini merupakan salah satu obyek yang sangat diminati oleh ilmuwan untuk diungkap. Karena itu laut ini memang pantas menjadi obyek konsevasi alam yang harusnya dilindungi and dilestarikan.

Akses and Cara Serta Sute Menuju Lokasi Danau Kakaban Kalimantan
 
Rute yang saya pilih adalah Jakarta-Balikpapan-Berau-Tanjung Batu-Derawan. Dari Berau ke Tanjung Batu ditempuh selaam 2,5 jam menggunakan mobil.

Untuk mencapai Pulau Kakaban, kamu dapat naik speedboat berkapasitas 15 orang dari Derawan, Maratua, atau Sangalaki. Dibutuhkan waktu sekira 45 menit dari Derawan, 30 menit dari Maratua, and 20 menit dari Sangalaki. Biaya sewa speedboat adalah kurang lebih Rp500.000,- hingga Rp1.000.000,- yang dapat digunakan untuk mengunjungi ketiga pulau tersebut dalam waktu sehari.

Nah itulah sahabat pembaca review dari Danau kakaban, semoga informasi ini dapat membantu sahabat pembaca semua.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *