Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Sunday, April 5, 2015

Objek Wisata Arung Jeram Sungai Cikandang – Tempat Wisata Garut

Hai sobat wisata, apakah kamu hobi olahraga Arung jeram ? Jika kamu memang seorang yang hobi akan olahraga yang memicu adrenalin ini, sepertinya lokasi ini patut kamu coba dan kunjungi, dan bagi kamu pencinta Arung jeram belum sempurna rasanya jika belum mencoba Rafting dan ber Arung jeram di Sungai Cikandang Garut.

Sungai Cikandang adalah salah satu objek wisata Arung jeram / Rafting yang bisa kamu nikmati di daerah Kabupaten Garut. Arus yang ada disungai Cikandang ini cukup deras, sangat cocok untuk kegiatan Arung jeram. Sungai Cikandang berada di wilayah Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut. Objek wisata Arung jeram Cikandang ini terletak 400 Meter di atas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan bergunung, berbukit dan berlembah. Pokoknya asik bener deh.

Panjang alur sungai Cikandang yang memang digunakan dan diperuntukkan untuk Arung jeram sepanjang 28 Km dengan lebar sungai 5 sampai 8 meter. Lingkungan sepanjang Sungai Cikandang tergolong bersih  dan sangat terjaga, tapi kualitas kejernihan airnya tidak bening, sungai Cikandang ini masih perawan (alami) tidak terdapat cemaran limbah pabrik yang masuk ke aliran sungai Cikandang.


Suhu udara diarea Sungai Cikandang ini rata-rata berkisar antara 30-40 C, terasa cukup panas memang, namun akan menjadi sejuk jika sudah terjun kesungai untuk Arung jeram, bila masuk musim hujan air sungai Cikandang ini bisa sangat deras, sehingga sangat baik untuk melakukan wisata Arung jeram, tapi jika musim kemarau air menjadi surut sehingga kegiatan Arung jeram agak sulit di lakukan. 

Perairan di sungai Cikandang berwarna kecoklatan. Rata-rata ketinggian air di sungai Cikandang antara 1-3 meter, sehingga ini akan menjadi tantangan yang sangat menarik untuk melakukan kegiatan Arung jeram disana. Dasar sungai Cikandang ini berupa pasir, bebatuan (tidak cadas) dan berlumpur, dengan tingkat kemiringan dasar sungai yang bervariatif.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Banyak pepohonan disepanjang sungai Cikandang, pepohonan didominasi oleh pohon kelapa. Ada juga jenis pohon albasiah, bambu dan pohon hutan lainnya, ditemui juga binatang monyet dan burung-burung berbagai jenis yang menghiasi pepohonan sisepanjang sungai. Walau pernah tejadi longsor di slaah satu Desa yang dilewati oleh sungai Cikandangini, secara garis besar tingkat abrasi tergolong sangat kecil dan tingkat kebisinganpun rendah.

Sungai Cikandang yangberarus deras ini juga menjadi salah satu tempat latihan tetap yang dipakai oleh Wanadri selain Sungai CitArung. Kondisi sungai itu tak bisa dibilang normal. Arus sungai Cikandang akan semakin deras setiap kali turun hujan. Tentunya ini berkaitan dengan resiko Arung jeramnya pun akan tinggi. Jika kamu ingin kesana pada musim penghujan sebaiknya kamu didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman.

Untuk diketahui, tepat Arung jeram/rafting di sungai Cikandang ini bukan untuk kelas pemula loh, tapiuntuk mereka yang sudah  profesional, bagi kamu yang pemula lebih cocok melakukan Arung jeram di wisata Bumi Batara Adventure Camp Padarek Bayongbong yang juga merupakan salah satu lokasi outbound Arung jeram dan paintball yang terletak di Garut juga.


Cara dan Akses Serta Rute J alan Menuju Arung Jeram Sungai Cikandang
 
Untuk menuju lokasi Arung Jeram Sungai Cikandang  dapat kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi langsung kedaerah Pamengpeuk Kabupaten Garut, tapi jika kamu menggunakan angkutan umum kamu dapat melalui rute sebagai berikut :

Dari Bandung kamu bisa menggunakan bus jurusan Bandung - Pamengpeuk, lalu kamu berhenti di Kecamatan Pakenjeng. Atau dari terminal Bandung-Terminal Garut, dari Terminal Garut menuju lokasi kamu bisa naik angkutan umum jenis mini bus jurusan Garut-Pameungpeuk.

Nah itu tadi sobat wisata, review mengenai Objek Wisata Arung Jeram Sungai Cikandang – Tempat Wisata Garut. semoga informasi ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *