Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Monday, May 11, 2015

Objek Wisata Pemandian Air Panas Ciater (Sari Ater) – Tempat Wisata Subang

Satu lagi tempat wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan nih sobat wisata, baik lokal maupun mancanegara. Tempat wisata tersebut yaitu Ciater atau sering di sebut juga Sari Ater. Tempat ini adalah tempat sobat wisatalan bagi kabupaten Subang, tempat ini adalah wisata pemandian air panas, yang dapat digunakan untuk rekreasi keluarga atau sekedar besantai dan refleksi. 

Ciater atau Sari Ater ini air panasnya bersumber dari kawah aktifgunung Tangkuban Parahu yang letaknya tidak jauh dari objek wisata ini. Air panas yg mengandung belerang ini selain mengalir ke Ciater, air ini juga mengalir  melalui sungai sepanjang 2.000 meter yang menjadi dingin untuk mengairi pesawahan yang ada disekitar wilayah ciater, menurut para petani di daerah itu, kualitas panen jauh lebih baik dibanding dengan air irigasi biasanya.

Objek wisata Ciater ini sungguh sangat indah, selain udara pegunungannya yang sejuk, tempat ini sangat mempesona dengan suguhan sejauh mata memsobat wisatang hamparan kebun teh yang hijau dan luas. Selain itu sobat wisata bisa juga memanfaatkan air yang mengalir untuk terapi kesehatan bagi yang memiliki penyakit. Kandungan belerangnya sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit seperti rematik, penyakit kulit, gangguan syaraf, tulang, lumpuh dan yang lainnya jika dilakukan secara rutin.


Asal mula Ciater muncul ketika ada cerita bahwa di kaki gunung Tangkuban Paruhu terletak areal perhutanan yang diyakini oleh masyarakat bahwa hutan tersebut sangat angker. Di dalam hutan tersebut terdapat pepohonan yang dikenal dengan pohon ater. Menurut cerita para warga setempat, suatu hari ada seseorang yang mencoba memotong pohon ater tersebut dan setelah di tebang dari cabang pohon tersebut keluarlah air yang sangat deras.

Kejadian ini tentu saja sangat fenomena, dimana pada masa itu masyarakat setempat mengalami kesusahan air bersih, dan mereka meyakini bahwa pancaran air yang keluar dari pohon ater tersebut berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit. Hal tersebut dapat dibuktikan juga oleh seorwng ahli yg berasal dari Belsobat wisata yang bernama  Hack Bessel, setelah melakukan pengujian terhadap air tersebut,maka air tersebut benar-benar mujarab.

Selain pemandian air panas,CiaterJuga memiliki beberapa tempat yang menarik yang dapat sobat wisata nikmati bersama keluarga. Masing-masing tempat menawarkan braneka ragan kegiatan yang keasikan dan keunikannya. Diantaranya adalah wahana permainan anak-anak, bersepeda, berenang, memancing, berperahu dan mendayung, arung jeram, berkuda, tenis lapangan, basket, voli, mini golf, gokart, berkemah, outbond, jalan-jalan di perkebunan teh, sampai mengunjungi tempat kerajinan keramik Ciater. Disana terdapat juga villa yang disewakan jika sobat wisata ingin bermalam. Serta bungalow yang bisa sobat wisata sewa untuk beristirahat. Di dalam kamar-kamar tersebut disediakan kolam khusus dengan air panasnya, agar sobat wisata bisa secara nyaman dan bebas saat berendam.

Selain keragaman yang tersedia, sebelum sobat wisata menginjakan kaki ke tempat wisata Sari Ater, sejak dalam perjalanan sobat wisata sudah disuguhi dan dimanjakan oleh hamparan perkebunan teh yang sangat luas, sejauh mata memsobat wisatang disamping kanan dan kiri jalan. Menambah keindahan dan kenyaman sobat wisata saat menuju lokasi pemandian air panas Ciater.sobat wisata akan dimanjakan dengan sejuknya udara, dengan keindahanperkebunannya, tidak luput pula, pedagang oleh- oleh di ruas jalan seperti nanaS,manggis,jeruk bali, durian dan lain-lain.

Disekitar kolam renang, sobat wisata dapat menyaksikan air terjun yang tidak kalah cantik dan menakjubkan, dengan berselimutkan kepulan uap air hangat di kawasan pemandian air panas Ciater inki. Jika kita berendam di air panas ini, akan membuat aliran darah diseluruh tubuh terasa lancar, dsn akan membuat badan lebih segar dan bugar.

Air panas di Ciater sudah teruji secara klinis. Berdasarkan hasil pengkajian tentang manfaat dan khasiat air panas jika kita mandi, air ciater mengandung kalsium, chloride, magnesium, kalsium, sulfar,thermo, mineral serta hypertherma dengan kadar aluminium yang sangat tinggi yaitu 38,5 equiv %. Dan kesamaannya juga sangat tinggi yaitu sekitar ph 2,45. Air panas yang langsung berasal dari mata air Ciater berkisar kira-kira 43-46 drajat celcius, sedangkan air yang sudah dialirkan ke kolam renang, berubah menjadi 37-42 derajat celcius. Dan jika air yang berasal dari gunung Tangkuban Parahu yang sudah mengalir ke pesawahan masyarakat sekitar yang sudah dingin suhu menjadi sekitar 8-10 derajat celcius.

Selain khasiat diatas yang sudah dipaparkan ternyata air panas ciater bermanfaat juga untuk terapi yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi,gangguan syaraf dan tulang serta kelumpuhan yang diakibatkan oleh stroke. Karena hal ini disebabkan air panas di Ciatermengandung belerang dengan komposisi yang pas untuk kesehatan. Tentu saja terapi ini akan cepat memulihkan penyakit jika kita melakukan terapi secara rutin dan teratur. Selain iu Ciatr menyediakan tempat terapi khisus untuk pengobatan.


Pesona wisata alami dan terapi kesehatan yang sobat wisata dapatkan di tempat tujuan wisata Ciater. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa sobat wisata dan keluarga lakukan di tempat ini, seperti bersepeda, berenang, memancing, berperahu dan mendayung, arung jeram, berkuda, tenis lapangan, basket, voli, mini golf, gokart, berkemah, outbond, wahana permainan anak-anak, jalan-jalan di perkebunan teh, hingga mengunjungi kerajinan keramik. 

Ketika kita sudah sampai di lokasi Ciater, maka sobat wisata akan disuguhi pemilihan lokasi yang sobat wisata inginkan, selain pemandian air panas alami, terdapat jua kolam prvacy dan kenyamanan berendam untuk menikmati sensasi air hangat sepuasnya. 

Rute Menuju Lokasi Objek Wisata Pemandian Air Panas Ciater (Sari Ater) :

 
Rute menuju Ciater dapat dilakukan dari semua arah. 

  • Dari Bandung, Ciater dapat dicapai hanya dalam waktu 30 menit dengan jarak 32 kilometer. 
  • Dari Lembang berjarak 15 kilometer, 
  • Dari Kawah Gunung Tangkuban Parahu berjarak 7 kilometer
  • Dari Subang akan memakan jarak tempuh sekitar 30 kilometer.
  • Dari ibukota Jakarta, terdapat dua pilihan rute ke pemandian air panas Ciater. Pertama, melalui rute arah Puncak yang berjarak tempuh sepanjang 212 kilometer, dan rute kedua adalah dari Jakarta melewati Tol Cikampek—Bekasi dengan jarak tempuh 185 kilometer.
Semoga review tentang objek wisata ciater ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi sobat wisata semua untuk menentukan tujuan wisata sobat semua. (zeze)

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *