Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Friday, June 27, 2014

Objek Wisata Curug Malela Bandung (Niagara Indonesia)

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Bagi anda yang suka wisata air terjun melalui postingan kali ini saya ingin memperkenalkan Curug Malela, mungkin ada yang pernah mendengar Curug Ini. Begitu banyak keindahan alam yang dimiliki Indonesia, sayangnya tidak semua potensi alam tersebut sudah tereksplore. Salah satunya adalah Curug Malela yang dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Malela, Objek Wisata Curug Malela Bandung (Niagara Indonesia) terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat.

Pesona daerah Bandung memang selalu menarik perhatian, keindahan alamnya tak pernah ada habis-habisnya untuk dinikmati. Bandung sebuah tanah yang tidak hanya kaya akan budaya, tetapi juga keindahan alam yang mempesona, tidak salah memang jika bandung menjadi destinasi para pelancong untuk berlibur, Salah satunya adalah Curug Malela ini, curug ini sering disebut Niagara Kecil (Little Niagara) yang dimilki Indonesia, memang bentuknya mirip dengan air terjun Niagara, walaupun tidak mirip persis.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Curug Malela mempunyai pesona yang sangat indah, topografi daerah perbukitan hijau, sangat meyegarkan disajikan dengan semilir angin khas pegunungan. Curug ini memiliki lebar kurang lebih 60-70 meter,dengan ketinggian hampir 80 meter menjulang , Curug ini memiliki debit air yang cukup besar apalagi jika musim penghujan tiba. Akan terlihat dari kejauhan air yang jatuh dari atas tebing ini mirip dengan helai helai benang sutera yang begitu indah. Panorama ini sangat mempesona bagi siapapun pengunjung yang melihatnya, dan keindahan curug ini akan menghipnotis para pengunjung untuk lebih dekat lagi dengan air terjun, sekedar hanya untuk merasakan tampias dari air terjun yang turun atau bahkant berenang di bawah nya, karena terdapat beberapa kolam air yang tertampung oleh bebatuan yang ada dibawahnya. Oleh sebab itu tidak heran banyak pengunjung yang membandingkan dan menyamakan keindahan nya dengan air terjun Niagara aslinya di Ontario.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Curug Malela ini memiliki lima buah jalur air terjun yang begitu indah. Jika debit air sedang tinggi maka air yang mengalir semakin deras dan semakin akan terlihat kemegahannya yang mempesona. Disebelah kanan curug ini terlihat sebuah tebing yang cukup tinggi berwarna putih yang mengarah ke bawah. Ditengarai dulunya dinding bukt ini juga adalah sebuah air terjun. Dan jika memang demikian, dapat dibayangkan betapa indah dan megahnya Curug Malela ini. Sebuah surga tersembunyi yang nyaris terisolir dari peradaban dan bagaikan harta karun yang terpendam karena belum digarap secara optimal.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Nama Curug Malela berasal dari nama tokoh masyarakat sekitar, yaitu Prabu Taji Malela. Makam tokoh yang didaulat menjadi nama curug ini bisa kita ditemui di atas tebing sebelah kanan Curug Malela. Konon ceritanya tebing-tebing yang ada dicurug ini terbentuk akibat letusan Gunung Api Purba yang dulu banyak terdapat di selatan Bandung. Jika anda berkesempatan datang ke curug ini,dan sangat disarankan dating kecurug ini, anda harus mencoba kesegaran airnya, air terjun disini sangat jernih dan begitu menyegarkan. Dan jika kita mau mandi dan atau berenang di curug ini harus hati-hati, hindari mandi atau berenang tepat di bawah aliran air terjun, karena cukup berbahaya, ditakutkan ada bebatuan yang jatuh yang terbawa bersama derasnya air terjun yang turun. Jika ingin mandi atau berenang kita bisa memilih di daerah yang tidak jauh dari jatuhnya air terjun, di sana tedapat aliran air yang lebih tenang.

Untuk mencapai lokasi wisata Curug Malela ada beberapa alternative rute yang bisa dugunakan :
  • Jika dari terminal Cileunyi, Kabupaten Bandung: Kita bisa naik bus jurusan Cileunyi-Cililin, setelah sampai Cililin perjalanan dilanjutkan dengan naik bus jurusan Gununghalu/Bunijaya
  • Jika dari terminal Ciroyom, Bandung : Kita bisa naik bus jurusan Gununghalu/Bunijaya yang ditempuh dalam waktu sekitar 3-4 jam perjalanan.
  • Jika dari Tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat : Kita bisa naik angkot jurusan Cimahi, turun di Cimareme dan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota jurusan Cililin atau bisa langsung dari daerah Cimareme naik bus jurusan Gununghalu/Bunijaya.
  • Jika dari terminal Leuwi Panjang, Bandung : Kita bisa naik angkutan kota jurusan Cimahi atau Cililin, dari Cililin kita melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan kota jurusan Gununghalu (turun di depan mini market alfamart gununghalu) kemudian naik bus jurusan Gununghalu/Bunijaya. Atau kita bisa langsung dari daerah Cililin naik bus jurusan Gununghalu/Bunijaya.
Jika kita ingin mengunjungi Objek Wisata Curug Malela Bandung (Niagara Indonesia) ini, sangat disarankan membawa makanan sendiri, dikarenakan dari tempat pemberhentian terakhir menuju ke lokasi cukup jauh dan dilokasi wisata tidak terdapat tempat penjualan makanan, dan harus diingat, sampah sisa makanan yang kita bawa harus kita bungkus dan bawa kembali untuk dibuang ditempat sampah yang semestinya, jangan dibuang ditempat lokasi wisata, demi menjaga keasrian tempat ini, sekian postingan ini saya buat, semoga bisa bermanfaat.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/
http://travel.detik.com/
http://sebandung.com/

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *