Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Monday, June 23, 2014

Objek Wisata Pantai Ujung Genteng

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Ada yang pernah dengar Ujung Genteng atau Tanjung Genteng..? kalau belum mendengar Ujung Genteng saya akan memberikan sedikit gambaran, Ujung Genteng merupakan suatu pantai yang terletak di semenanjung barat daya Pulau Jawa. Terletak di Kabupaten Sukabumi, Keindahan pantai selatan ini adalah debur ombak yang bersih dan pasir putih menyuguhkan keindahan yang mengasyikkan. Objek Wisata Pantai Ujung Genteng menyajikan harmoni keindahan alam yang menentramkan dan mengurai segala kepenatan.

Dipantai ini kita akan disapa dengan keindahannya yang berkombinasi dengan deburan ombak dan berpadu dengan langit dan laut yang bewarna biru. Dapat dikatakan bahwa pantai Ujung Genteng ini adalah salah satu Surga Tersembunyi (hidden paradiseI) yang ada di Indonesia. Tidak berlebihan jika dikatakan demikian, lokasi wisata yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini memang mampu menghadirkan sejumlah pesona keindahan dan kemegahan alam yang beragam, diantaranya kawasan air terjun dan gua, pantai-pantai yang memiliki ciri khas tersendiri, hingga tempat reservasi penyu hijau di mana kita bisa menyaksikan secara langsung proses bertelurnya hewan tersebut.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Lokasi Objek Wisata Pantai Ujung Genteng berada di wilayah Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak tempuh sekitar 220 km dari Jakarta dan 230 km dari Kota Bandung, 120 km dari kota Sukabumi serta 18 km dari Kota Surade.  Jalan menuju lokasi tersebut juga cukup mulus, selain itu juga terdapat beberapa jalur alternatif serta sarana angkutan umum yang memadai menuju tempat tujuan, sehingga bagi para wisatawan yang ingin berkunjung kesana tidap perlu kesulitan kendaraan dan jalur tempuhnya.

Pantai Ujung Genteng yang masih bersih dan alami memiliki pesona tersendiri untuk dinikmati. Pada beberapa bagian pantai terdapat area yang cocok untuk bermain air laut atau sekedar berendam dilaut. Hal ini disebabkan kedalamannya hanya sepangkal paha saat laut pasang dan bila sedang surut hanya sekitar sebetis kaki. Dipantai ini terdapat pula dermaga bekas peninggalan belanda yang kalau diperhatikan sudah cukup tua umurnya dan sekarang sudah tinggal sisa puingnya saja dan hanya tembok kokoh pemecah ombak dan pondasi mercusuar yang masih terlihat. Pada masa kolonial, Wilayah Pantai Ujung Genteng merupakan dermaga bagi kapal-kapal Belanda yang berlayar di Samudera Hindia dan ketika Jepang berkuasa, memanfaatkan pantai ini untuk mengangkut hasil alam Sukabumi.

Objek Wisata Pantai Ujung Genteng letaknya memang cukup jauh tetapi keindahannya sungguh mempesona, namun dapar dipastikan anda aka jatuh hati jika anda mengunjungi pantai ini. Dibutuhkan kesabaran untuk sampai ke tempat ini, sebelum sampai garis pantainya,, anda harus melalui jalan berkelok-kelok, namun seua akan terobti ketika kaki anda menginjak garis pantainya, maka riak ombak Samudera Hindia akan membuat anda melupakan lelah dan cape yang anda rasakan. Batu karang yang terhampar luas bersama pasir putih yang menyilaukan mata akan dipastikan akan membuat hati anda terpesona akan kemolekan pantai Unjung Genteng.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Di Pantai Ujung Genteng kita akan menikmati jernihnya air laut dan pesisir pantai yang apik dan bersih. Di pantai ini pula kita bisa mengikuti nelayan menangkap udang lobster. Walaupun menghadap ke Samudera Hindia namun ombaknya yang besar tak membahayakan karena lebih dulu terpecah terhalang gugusan karang laut di depan bibir pantai Ujung Genteng, jadi kita tek perlu khawatir jika kita bermain dipantai beserta anak-anak kita. Anak-anak boleh berenang di laut sepuasnya dan memungkinkan memandang sekumpulan ikan berwarna-warni di sela-sela batu karang, menandakan betapa alaminya lingkungan Ujung Genteng. Tempat ini akan memanjakan anda dengan alam dengan pantai yang indah, aman, dan nyaman. Dengan panjang garis pantai Ujung Genteng sekitar 16 km mengarah ke Barat menjadikan Ujung Genteng sebagai obyek wisata terindah sepanjang pesisir pantai selatan. Keindahannya tak kalah dari Pantai Pelabuhan Ratu yang telah lebih dahulu dikenal oleh para wisatawan.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Di Objek Wisata Pantai Ujung Genteng, selain deburan ombak yang menggulung, batu karang yang terjal, dan pasir putih yang terhampar luas, ada juga Muara Cipanarikan. Muara ini tempat bertemunya Sungai Cipanarikan yang membelah Suaka Marga Satwa Cikepuh dengan air laut. Sebelum masuk ke laut, air sungainya berbelok-belok membentuk alur yang menyerupai ular yang sedang berjalan, sehingga terbentuk hamparan pasir yang sangat luas dan indah. 


http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Terdapat banyak tempat menarik di Objek Wisata Pantai Ujung Genteng, seperti melihat langsung penyu hijau di pantai Pangumbahan. Kita juga dapat berselancar di atas ombak yang cukup memacuadrenlin yang terkenal dengan sebutan ” Ombak Tujuh”. Lokasi ini merupakan kawasan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara untuk olahraga selancar. Sebutan ombak tujuh ini dating dari penduduk sekitar, menurut penduduk sekitar ombak di pantai Ujung Gneteng selalu berurut tujuh ombak dan selalu besar-besar. Dan bagi anda yang suka memancing, pantai Ujung Genteng merupakan tempat yang cocok untuk memancing, di mana jenis ikannya cukup banyak.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Daya tarik lainnya yang ada di sekitar daerah ujung genteng adalah curug (air terjun). Curug cikaso , disini terdapat 3 air terjun, untuk mencapainya kita perlu naik perahu sekitar 3 menit atau pengunjung dapat berjalan kaki sebentar. Yang diperlihatkan air terjun tersebut sangat indah dan dapat membuat para pengunjung tak ingin meninggalkan tempat itu. Dapat kita lihat 3 air terjun yang berbeda hanya dengan satu kali pandangan, sungguh pemandangan yang luar biasa, indah dan eksotik. 


Objek Wisata Pantai Ujung Genteng dapat dicapai melalui Jampang kulon-Surade, Kendaraan dapat dengan mudah mencapai Pantai Ujung Genteng dari surande, bahkan juga sudah terdapat angkutan umum menuju ke Ujung Genteng. Perjalanan menuju Ujung Genteng dapat ditempuh selama 6-8 jam, tergantung kemacetan di Sukabumi, Jalur ke arah puncak. Jalanannya beraspal, cukup bagus, walau kadang di beberapa tempat berlubang jadi perlu kehati-hatian. Hanya transportasi dari Ujung Genteng ke tempat-tempat sekitar masih terbatas, karena kondisi jalan maupun infrastuktur.

Untuk mencapai Objek Wisata Pantai Ujung Genteng sekitar 5 km dari jalan besar. anda dapat menyewa ojek yang sudah berpengalaman sebagai pemandu karena untuk menuju ke sana harus melewati jalan setapak yang hanya cukup 1 mobil dan belum beraspal juga melewati sungai kecil serta jalan yang licin jika hujan. Jasa menyewa ojek sebagai pemandu dari penduduk biayanya adalah 30-50 ribu rupiah. 

  1. Rute pertama nda melewati jalur Jakarta-Ciawi-Cicurug-Cibadak sekitar 2,5 jam. Kemudian jalur Cibadak-Pelabuhan Ratu-Cikembar-Jampang Kulon-Surade-Ujung Genteng
  2. Rute kedua anda melewati jalur Jakarta-Ciawi-Cicurug-Cibadak-Sukabumi-Jampang Tengah-Jampang Kulon-Surade-Ujung Genteng.
  3. Rute ketiga anda melewati jalur Bandung-Cianjur-Sukabumi-Jampang Tengah-Jampang Kulon-Surade-Ujung Genteng.

1.    Jakarta - Bogor Rp 8.000,-
2.    Bogor - Sukabumi (elf) Rp 10.000,-
3.    Sukabumi - Lembur situ Rp 3.000,-
4.    Lembur Situ - Surade Rp 20.000,-
5.    Surade - Ujung Genteng Rp 10.000,-

1. Bandung - Sukabumi Rp 20.000,-
2. Sukabumi - Lembur situ Rp 3.000,-
3. Lembur Situ - Surade Rp 20.000,-
4. Surade - Ujung Genteng Rp 10.000,-

Sekian nih sobat pembaca, informasi yang bisa saya rangkum mengenai Objek Wisata Pantai Ujung Genteng, indah kan tempat wisata di Indonesia, sangat disarankan untuk mengunjungi objek wisata ini, semoga informasi ini menambah reverensi tempat liburan untuk sobat pembaca semua. Semoga bermanfaat.

http://www.citilinkstory.com/
http://www.ujung-genteng.info/
http://www.indonesia.travel/

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *