Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Monday, June 23, 2014

Objek Wisata Taman Nasional Gunung Leuser

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Satu lagi nih saobat pembaca, taman Nasional yang akan saya bahas, Objek Wisata Taman Nasional Gunung Leuser biasa disingkat TNGL adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektar. Secara administrasi terletak di dua provinsi yaitu Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Hutan ini dominannya berada di Aceh Timur, Aceh Selatan, dan Langkat Sumatera Utara, dikenal dengan hasil  kopi kelas dunia dan tembakau.

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) fungsi utamanya sebagai sistem penyangga kehidupan dengan fokus pengelolaan untuk mempertahankan perwakilan ekosistem Leuser yang unik dan memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. TNGL merupakan habitat penting bagi keberadaan beberapa spesies lambang/kebanggaan, yaitu Gajah Sumatera , Harimau Sumatera, Badak Sumatera dan Orangutan Sumatera. Taman Nasional Gunung Leuser memiliki 3 (tiga) fungsi yaitu : a. perlindungan sistem penyangga kehidupan; b. pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya; c. pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Taman nasional ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut di Aceh. Taman nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Taman Nasional Gunung Leuser merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan pantai, dan hutan hujan tropika dataran rendah sampai pegunungan. Hampir seluruh kawasan ditutupi oleh lebatnya hutan Dipterocarpaceae dengan beberapa sungai dan air terjun

Kita dapat memulai petualangan di taman nasional ini melalui Bukit Lawang, Sumatra Utara, di mana disana bediam orangutan yang mengesankan dan merupakan habitat asli sumatera. Kita juga dapat berinteraksi langsung dengan primata ini, primate berupa orangutan ini sangat bersahabat. Hutan Gunung Leuser juga memiliki kekayaan buah-buahan tropis seperti mangga, rambutan, durian, alpukat, jeruk, pepaya, dan jambu biji.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Terdapat tumbuhan langka dan khas yaitu daun payung raksasa, bunga raflesia serta Rhizanthes zippelnii yang merupakan bunga terbesar dengan diameter 1,5 meter. Selain itu, terdapat tumbuhan yang unik yaitu ara atau tumbuhan pencekik. Satwa langka dan dilindungi yang terdapat di taman nasional Leuser antara lain mawas/orangutan, siamang, gajah Sumatera, badak Sumatera, harimau Sumatera, kambing hutan, rangkong, rusa sambar, dan kucing hutan.

Taman Nasional Gunung Leuser dan area disekitarnya dikenal dengan nama Kawasan Ekosistem Leuser yang menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir. Berdasarkan kerjasama Indonesia-Malaysia, juga ditetapkan sebagai “Sister Park” dengan Taman Negara National Park di Malaysia. Taman Nasional Gunung Leuser memiliki puncak tertinggi 3.381 m dan merupakan salah satu taman nasional terbesar dan paling beragam di Indonesia. Ketika melintasi kawasan ini kita akan disuguhkan pemandangannya yang luar biasa indah dan mempesona, para petualang sejati seperti anda tidak akan kecewa ketika anda menjelajahi Objek Wisata Taman Nasional Leuser ini.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Objek Wisata Taman Nasional Gunung Leuser diambil dari nama Gunung Leuser (3404 M dpl) di Aceh. Taman nasionalnya meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi hutan lebat khas hujan tropis. Taman nasional ini dikelola dengan sistem zonasi untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi, jadi cukup lengkap disini, selain pariwisata juga untuk pendidikan dan konservasi alam. Objek Wisata Taman Nasional Gunung Leuser sangat luas, mencakup hutan bakau, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, dan sampai hutan subalpine. Taman Nasional Gunung Leuser terdiri dari gabungan Suaka Margasatwa Gunung Leuser  : 416.500 hektaree, Suaka Margasatwa Kluet  : 20.000 hektaree, Suaka Margasatwa Langkat Barat  : 51.000 hektaree, Suaka Margasatwa Langkat Selatan  : 82.985 hektaree, Suaka Margasatwa Sekundur  : 60.600 hektaree, Suaka Margasatwa Kappi  : 142.800 hektaree, Taman Wisata Gurah  : 9.200 hektaree, Hutan Lindung dan Hutan Produksi Terbatas  : 292.707 hektaree.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Taman Nasional Gunung Leuser mencakup lebih dari 100 kilometer Pegunungan Bukit Barisan, dikenal karena kondisinya yang curam, medan pegunungan yang hampir tidak dapat diakses. Ketinggiannya berkisar dari daerah pantai di Kluet (Aceh Selatan) yaitu 3.381 meter di atas Gunung Leuser (Aceh Tenggara). Sungai Alas yang menakjubkan memotong taman ini menjadi bagian timur dan barat, di mana bagi anda yang haus akan pemandangan hutan tropis menawan akan dapat terpenuhi.

Hutan Gunung Leuser sangat lebat, berkhas hutan pantai  dan hutan hujan tropika. Di dalamnya terdapat beberapa sungai, danau, sumber  air panas, lembah, dan air terjun. Ekosistem alamnya sangat indah dan beragam  yang meliputi dataran rendah (pantai) hingga pengunungan. Terdapat beragam satwa langka yang dilindungi.

Lokasi Gurah. Dilokasi ini kita akan melihat dan menikmati panorama alam, lembah, sumber air panas, danau, air terjun, pengamatan satwa dan tumbuhan seperti bunga raflesia, orangutan, burung, ular dan kupu-kupu.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Lokasi Bohorok. Disini adalah tempat kegiatan rehabilitasi orangutan dan wisata alam berupa panorama sungai, bumi perkemahan dan pengamatan burung.

Lokasi Kluet. Dilokasi ini kita dapat bersampan di sungai dan danau, trekking pada hutan pantai dan wisata goa. Daerah ini merupakan habitat harimau Sumatera.

Lokasi Sekundur. Lokasi ini bisa untuk anda semua berkemah, menikmati wisata goa dan pengamatan satwa.
Ketambe dan Suak Belimbing. Dilokasi ini khusu untuk melakukan penelitian primata dan satwa lain yang dilengkapi rumah peneliti dan perpustakaan.

Lokasi Gunung Leuser (3.404 m. dpl) dan Gn. Kemiri (3.314 m. dpl). Adalah lokasi yang cocok bagi anda yang suka memanjat dan mendaki gunung. 

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Lokasi Sungai Alas. Bagi aanda yang suka memacu adrenalin, dilokasi ini terdapat kegiatan arung jeram dari Gurah-Muara Situlen-Gelombang selama tiga hari.

Cara untuk menuju lokasi Objek Wisata Taman Nasional Gunung Leuser

Dari Medan menuju Kutacane berjarak ±240 km atau 8 jam dengan mobil, dari Kutacane menuju Gurah/Ketambe berjarak ±35 km atau 30 menit dengan mobil. Jika kita ingin menuju bahorok, rute dari Medan menuju Bohorok/Bukit Lawang berjarak ±60 km atau 1 jam dengan mobil. Jika kita ingin ke Sekundur rute dari Medan menuju Sei Betung/Sekundur berjarak ±150 km atau 2 jam dengan mobil. Dan jika kita ingin langsung menutu TNGL Tapaktuan rute dari Medan menuju Tapaktuan berjarak ±260 km atau 10 jam dengan mobil.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Nah itu sahabat pembaca review mengenai Objek Wisata Taman Nasional Gunung Leuser, Indonesia memang kayak an sahabat pembacaa, bayak sekali objek wisata yang bisa kita kunjungi, dengan panorama alam yang begitu indah dan eksotis, tidak rugi dan menyesal untuk kita kunjungi, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk sahabat pembaca semua. Semoga bermanfaat.



http://id.wikipedia.org/
http://www.dephut.go.id/
http://gunungleuser.or.id/

  2 comments:

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
  2. masih benar-benar terjaga dengan baik

    salam
    Rental Mobil

    ReplyDelete

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *