Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Monday, June 23, 2014

Objek Wisata Taman Laut Pulau Weh (Sabang)

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Sahabat pembaca, pernah dengar Kota Sabang ?, bagi yang belum tau mari kita bahas tentang Kota Sabang. Pesona Sabang menawarkan keelokan garis pantai yang indah dan mempesona, air laut yang biru dan bersih serta pepohonan yang hijau. Namun bukan saja pesona wisata bahari saja dapat ditemukan di Sabang. Ada gunung, danau, pantai, laut, serta hutannya yang masih alami dan terjaga menunggu untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Belum lagi ditambah jika anda berinteraksi dengan masyarakat setempat, pasti akan memberikan pengalaman yang luar biasa berkesan.

Sabang merupakan kota kecil yang indah dengan struktur tanah berbukit-bukit, karena itu warga setempat menyebut kota Sabang dengan dua nama yaitu kota bawah dan kota atas. Wilayah Sabang terdiri dari lima pulau besar dan kecil, yakni Pulau Weh sebagai pulau terbesar di Sabang, Pulau Rubiah, Pulau Klah, Pulau Seulako, dan Pulau Rondo.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Perbatasan Wilayah Sabang di sebelah timur adalah Selat Malaka, sebelah barat dengan Samudera Indonesia, sebelah utara dengan Selat Malaka, dan sebelah selatan dengan Samudera Indonesia. Karena itulah Sabang memiliki kekayaan hayati yang berlimpah. Kali ini kita akan mengulas salah satu keindahan pulau terbesar yang ada di wilayah Sabang, yakni Objek Wisata Taman Laut  Pulau Weh (Sabang).

Pulau Weh merupakan salah satu objek wisata alam yang terkenal dengan panorama keindahan taman lautnya. Pulau Weh dengan ibu kotanya Sabang ini memiliki panorama alam yang sungguh indah dan mempesona, bagi siapapun yang pernah mengunjungi dan menginjakkan kaki di pulau kecil tersebut pasti akan betah berada disana.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Dalam sejarahnya, dimasa kolonial Belanda, Pulau Weh merupakan pelabuhan bebas satu-satunya di nusantara, yang jauh lebih terkenal dibandingkan Pulau Singapore. Dan Pelabuhan alam dikota Sabang adalah pelabuhan alam nomor dua terbaik setelah pelabuhan alam di Selandia Baru, dengan kedalaman rata-rata 30 Meter disisi dermaganya, tanpa harus dikeruk karena terdiri dari karang laut yang sangat kokoh, menjadikan Pelabuhan Sabang sebagai asset Negara yang bernilai strategis dimasa mendatang.

Pada masa Kerajaan Aceh dulu, wilayah Pulau Weh merupakan tempat pengusiran atau pengasingan ”geupeuweh” bagi seseorang yang dikenakan hukuman berat dari kerajaan. Sebutan geupeuweh kemudian dilekatkan kepada nama pulau ini dan beriring dengan waktu kemudian pelafalannya menyingkat menjadi Weh dan diartikan sebagai pulau yang terpisah. Kota sabang yang terletak di Pulau Weh dengan luas lk. 155 KM2 terdiri dari 2 Kecamatan dan 72 Desa dengan jumlah penduduk sekitar 26.000 jiwa, Topografinya meliputi dataran rendah, tanah bergelombang, berbukit dan bergunung, serta batu-batuan di sepanjang pantai Sabang, dan memiliki sebuah Danau Aneuk Laot yang terletak diketinggian pebukitan, sungguh menjadikan kota bersejarah itu memiliki panorama yang indah.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Pulau Weh sebenarnya merupakan bagian dari Pulau Sumatera, namun pulau-pulau ini terpisah oleh laut yang terjadi akibat meletusnya gunung berapi. Pulau Weh masih terlihat sangat alami dan menakjubkan. Bahkan keindahan taman laut di pulau ini bisa disejajarkan dengan Wisata Taman Nasional Bunaken yang ada di Sulawesi Utara. Karena itu, sangatlah tepat jika pemerintah menetapkan Pulau Weh sebagai salah satu tujuan wisata nasional, terbukti dengan banyaknya wisatawan asing maupun lokal yang melancong ke Sumatera untuk merasakan keindahan pemandangan alam taman Pulau Weh.


http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Di kawasan Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh, kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas olahraga air seperti berselancar, berenang, memancing, menjelajah dengan perahu, snorkeling dan menyelam. Menikmati alam bawah air dengan spesies penghuni bawah laut Pulau Weh merupakan daya tarik utama di objek wisata ini. Keanekaragaman jenis ikan dan keindahan terumbu karangnya, baik terumbu karang yang keras maupun terumbu karang yang lunak dari berbagai jenis, bentuk dan warna, yang keseluruhannya membentuk gugusan karang yang indah untuk dinikmati oleh mata manusia. Beberapa terumbu karang yang ada yaitu Karang Lupas, Karang Rusa dan Karang Kerupuk. Dijamin sangat menyenangkan jika berwisata ke Pulau Weh.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Pesona lain yang dimiliki pulau Weh adalah banyaknya benteng, bunker dan meriam kuno yang sudah diceritakan diatas bahwa pulau ini dijadikan benteng dan pelabuhan pada zaman Belanda dan Jepang, dikarenakan pulau ini sangat strategis dan menjadi rebutan dimasa lalu. Hampir sepanjang pesisir yang mengarah ke laut terdapat benteng benteng kuno baik peninggalan ketika kerajaan Aceh berperang melawan Portugis, Belanda sampai perang Dunia II.
Khusus bagi anda yang suka berenang, maka tempat wisata yang satu ini sangat tepat untuk anda kunjungi. Beberapa lokasi terkenal di Objek Wisata Taman Laut  Pulau Weh (Sabang) adalah Pantai Iboih, Pantai Gapang dan Pantai Rubiah. Di sini akan banyak kita temui berbagai macam jenis ikan karang seperti Parrot Fish, Tropet Fish, Dunsel Fish dan Angel Fish, karena Laut Pulau Weh memiliki potensi wisata alam laut yang cukup tinggi.

Tidak hanya disitu, di dalam kawasan Objek Wisata Taman Laut  Pulau Weh (Sabang), Anda juga dapat menemukan Tugu Nol Kilometer yang terletak di ujung Pulau Weh. Selain  itu, Selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, pengunjung pun akan dibuat terkagum-kagum dengan gua-gua alam yang digunakan untuk pertahanan tentara Jepang pada Perang Dunia II. Dan seringkali Pulau Weh juga disebut sebagai pulau legenda yang memiliki nama lain “Golden Island”.

Cara mencapai Objek Wisata Taman Laut  Pulau Weh (Sabang)

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Kota Sabang terletak di Pulau Weh, tepatnya di sebelah utara kota Banda Aceh dengan jarak lebih kurang 18 mil dan dapat ditempuh selama 45 menit hingga 2 jam. Ada dua jenis kapal yang dapat mengangkut kita ke Sabang, yaitu kapal barang (yang lambat) dan  kapal penumpang (yang cepat). Kapal penumpang beroperasi 2 kali sehari di pagi dan sore hari, kapal cepat biasanya berangkat pukul 15.30 WIB dengan tarif untuk kelas ekonomi  Rp. 55.000/orang, kelas eksekutif  Rp. 60.000/orang, dan kelas VIP sebesar Rp. 70.000/orang.

Kota Sabang memiliki dua pelabuhan laut yaitu Pelabuhan Samudra (alam) di Teluk Sabang dan Pelabuhan Ferry di Teluk Balohan. Pelabuhan Samudera digunakan sebagai sarana Pelabuhan Bebas Sabang yang dapat dilabuhi kapal-kapal besar dari berbagai negara.

Demikian ulasan tentang keindahan Objek Wisata Taman Laut  Pulau Weh (Sabang) yang berada di kota sabang, semoga ulasan ini dapat memberikan wawasan segar bagi para pembaca untuk tujuan berwisata anda semua. Semoga bermanfaat.

http://www.indonesia.travel/
http://travel.kompas.com/
http://www.gosumatra.com/

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *