Tempat Wisata Menarik Nyaman Fress Dan Eksotis Di Indonesia

Sunday, August 31, 2014

Keunikan Dan Keindahan Objek Wisata Danau Labuan Cermin – Tempat Wisata Berau Kalimantan Timur

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Jika diibaratkan sebagai sebuah batu, maka Danau Labuan Cermin adalah permata di pedalaman Kalimantan. Danau ini merupakan keajaiban alam yg sangat indah yg bisa ditemukan di Indonesia. Terisolasi oleh jarak di Kecamatan Biduk-Biduk yg merupakan bagian dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, membuat Danau ini begitu jauh sehingga tak banyak yg mendatanginya. Bila berangkat melalui jalur darat dari Tanjung Redeb, ibukota Kabupaten Berau, maka perjalanan akan memakan waktu 8 jam. 

Sementara bila berangkat dari Pulau Derawan, maka dibutuhkan waktu selama 3 jam perjalanan menggunakan speed boat untuk menuju lokasi Danau. Tapi seperti yg akan dijelaskan pada tulisan kali ini, perjalanan jauh akan terasa sepadan dgn apa yg akan ditemukan ketika telah sampai ke Danau Labuan Cermin.

Danau Labuan Cermin yg berada jauh di pedalaman Kalimantan mempunyai kondisi perairan and alam disekelilingnya yg masih sangat terjaga. Ada hutan yg mengelilingi Danau dgn pepohonan hijau yg menjulang tinggi dari atas permukaan tanah. Sementara perairan Danau itu sendiri begitu indah dgn warna biru kehijauan. Bila ada cahaya matahari yg menerpa permukaan Danau, maka pantulannya akan membuat permukaan Danau seakan-akan sebuah cermin. Oleh karena itulah Danau ini disebut dgn nama Danau Labuan Cermin.


Warna air di Danau ini bergradasi dari biru tua, biru muda, putih and hijau di area luar Danau. Sesuai dgn namanya, airnya yg jernih pun berkilat seperti cermin. Dasar Danau pun bisa kita lihat dgn jelas dari atas permukaan air padahal kedalaman Danau ini lebih dari 3 m. Kita bisa berenang, menyelam maupun snorkeling di tempat ini. Hal yg paling menarik dari Danau Labuan Cermin adalah perairannya yg terdiri dari 2 lapisan berbeda. Danau Labuan Cermin merupakan Danau campuran antara Danau air tawar and air asin. Permukaan Danau ini akan terasa asin, sementara di dasar Danau airnya akan terasa tawar. Saat kita menyelam agak ke dalam, maka batas antara air asin and air tawarnya akan terlihat jelas. Hal tersebut pula yg menyebabkan biota di dalam Danau ini sangat beragam.

Karena perairan Danau Labuan Cermin yg mempunyai karakteristik berbeda, yaitu air tawar pada bagian atas and air asin dibawahnya, maka makhluk air yg tinggal disini pun berasal dari dunia yg berbeda pula. Ikan air tawar akan berenang pada bagian atas perairan Danau, sementara ikan air asin terlihat bergerombol dalam kelompok besar pada lapisan dibawahnya yg mempunyai perairan berupa air asin. Penyu hijau yg berasal dari laut lepas sesekali juga mampir di perairan ini. Bahkan karang pun bisa hidup di dasar Danau yg perairannya masih bisa ditembus oleh sinar matahari. Sehingga memungkinkan karang untuk memperoleh pasokan cahaya matahari yg mencukupi bagi kelangsungan hidupnya. Makhluk laut dari 2 dunia yg dihadirkan oleh Danau Labuan Cermin merupakan salah satu keajaiban alam yg sayg untuk dilewatkan bila kamu berkunjung ke Kalimantan.


Jika ingin menyelam atau snorkeling di Danau kita bisa membawa sendiri peralatannya karena di kawasan ini tak tersedia penyewaan alat selam atau snorkelnya. Bagi yg belum mahir berenang, tersedia ban/pelampung di perahu yg disewa. Pergi beramai-ramai ke Danau ini akan lebih menghemat biaya yg kita keluarkan selama berada di kawasan obyek wisata ini. Jika kamu melihat dari tepi Danau dimana warna perairannya and langit diatasnya yg berwarna biru, seakan-akan seperti sandwich dgn lapisan isi berupa pepohonan hijau pada bagian tengahnya. Itu saja sudah menjadikan Danau ini memiliki suasana alam yg begitu indah. Tapi itu belum semuanya. Masih ada lagi keunikan dari Danau Labuan Cermin yg membuatnya menjadi sangat berharga untuk dikunjungi, meskipun berada di pedalaman Kalimantan.

Jika datang ke Danau Labuan Cermin dari Pulau Derawan, maka kamu bisa berkeliling menggunakan speed boat sama yg digunakan untuk tiba disini. Sekamuinya datang melalui jalur darat, jangan kecewa terlebih dahulu karena tak bisa berkeliling mengitari Danau. Karena disini juga terdapat perahu para nelayan yg pemiliknya bisa mengantarkan kamu untuk mengelilingi Danau. 


Berkeliling di Danau dgn permukaan airnya yg seperti cermin bila terkena cahaya matahari dgn warna biru kehijauan yg sangat indah sudah merupakan pengalaman yg luar biasa. dgn pemanandgan hutan disekelilingnya yg tak kalah mempesona. Bisa terdengar suara serangga sayup-sayup dari dalam hutan disekeliling Danau. Belum lagi suara monyet yg bersahut-sahutan seperti sedang berkomunikasi satu sama lain. Kombinasi antara hutan and perairan Danau menghadirkan suasana alam yg begitu eksotis.

Tentu saja belum lengkap rasanya bila tak langsung merasakan air Danau Labuan Cermin membasahi tubuh dgn cara menceburkan diri ke Danau. Air tawar pada permukaan Danau terasa begitu segar ketika menyentuh kulit pada saat berenang di Danau. Peralatan snorkling bisa membantu kamu untuk menyelam lebih lama ketimbang tanpa menggunakan peralatan apapun. Ada lebih banyak kesenangan yg bisa ditemui beberapa meter dibawah permukaan Danau. 

Dimana pertemuan antara dua lapisan air tawar and air asin yg dihuni oleh makhluk air dari 2 alam yg berbeda akan membuat kamu betah berlama-lama menyelam. Coba keluarkan lidah kamu ketika berada di permukaan and bandingkan rasa airnya ketika sudah menyelam beberapa meter kedalam Danau. Tergantung dari keadaan perairan yg sedang surut atau pasang, kamu sudah bisa menyelam dari satu lapisan ke lapisan yg berbeda di Danau Labuan Cermin hanya dgn turun sejauh 2 hingga 3 meter dari permukaan.


Akses and Cara Serta Rute Menuju Lokasi Objek Wisata Danau Labuan Cermin

Dari Bkamura Sepinggan, Balikpapan kita bisa terbang menuju Bkamura Tanjung Redeb, Berau,. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke Desa Biduk-Biduk menggunakan mobil sewaan dgn biaya sewa sekitar Rp. 500.000 yg memakan waktu perjalanan sekitar 6 jam. Sesampainya di Desa Biduk-Biduk perjalanan dilanjutkan menyusuri jalur trekking ke dalam hutan yg menyajikan bermacam pepohonan and binatang di dalamnya. Jalur trekking tersebut dapat kita tempuh sekitar 30-45 menit, barulah kita bisa sampai di tepian Danau. Akan ada perahu yg siap mengantar kita untuk menyusuri keindahan Danau sambil menikmati rimbunnya pepohonan di sekitar Danau yg semakin menambah sejuknya Danau Labuan Cermin ini.

  1 comment:

  1. sumpah keren banget, airnya bener-bener sejernih kaca gitu ya?
    Inzanami

    ReplyDelete

Blog Archive

Demosmagz.com

Info Untuk Kita

Alamat Lengkap

Bacaan Untuk Dewasa

Powered by Blogger.

Facebook

Followers

Contact Us

Name

Email *

Message *